Disparbud Promosikan Wisata di Jawa Barat Lewat Familiarization Trip Pasar Nusantara dan Mancanegara

Selasa, 30 Maret 2021 - 15:35 WIB
loading...
Disparbud Promosikan Wisata di Jawa Barat Lewat Familiarization Trip Pasar Nusantara dan Mancanegara
Disparbud Jawa Barat mengadakan Familiarization Trip untuk mengenalkan beragam destinasi potensial di Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Banyaknya destinasi wisata di Jawa Barat yang memiliki keunikan, membuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengangkat daerah tersebut sebagai destinasi potensial. Hal itu agar pemerataan pembangunan pariwisata di Jawa Barat dapat terasa hingga ke masyarakat dan pelaku bisnis di Jawa Barat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengenalkan destinasi yang masih jarang diketahui ini adalah dengan membuat familiarization trip. Familiarization trip merupakan perjalanan grup yang berasal dari berbagai latar belakang, untuk diajak mengenal destinasi-destinasi baru dan berpotensi memiliki nilai lebih bagi wisatawan.

Familiarization trip ini dimulai sejak 29 Maret hingga 1 April 2021. Hal ini sebagai bentuk pengenalan destinasi berpotensial yang masih sulit untuk dipromosikan, sekaligus dalam rangka penyelamatan ekonomi di sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat Covid-19.

Kegiatan ‘Familiarization Trip Pasar Mancanegara’ sendiri akan dimulai dengan Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemasaran Pariwisata dengan mengundang bebreapa pembicara. Mereka di antaranya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Adrianus Nur Eko, Herdi Heryadi (EastXperience), serta Fotorgrafer Deni Sugandi.

Tak ketinggalan, para Guest Call, yaitu Iwan Darmawan, Iwan Wahyudi (pelaku industri travel), serta Gilang Ma’rifatulloh (Divisi Pelatihan Batu Karas Surfing Club). Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pandangan tentang meningkatkan kemampuan travel agent atau tour operator, dalam pengemasan paket wisata inbound dan survive saat masa pemulihan pandemi Covid-19.

Setelah pelatihan SDM, kegiatan dilanjutkan dengan acara ‘Smiling West Java Familiarization Trip Pasar Nusantara’ yang mengusung tema nature, culture, explore. Kegiatan tersebut mengajak peserta dari travel agent atau tour operator, influencer, dan media ke beberapa destinasi yang ada di Ciamis dan Pangandaran.



Salah satunya, yaitu Kawasan Lakbok yang terkenal dengan Lakbok International Kite Festival, Workshop Batik Dahon, Jembatan Cirahong, River Cruise di Batu Karas, dan lain sebagainya. Pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat mendorong destinasi dalam segi promosi, menjadi rujukan kebijakan paket wisata inbound dan domestik, serta memulihkan ekonomi pariwisata di Jawa Barat. (CM)
(ars)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3124 seconds (11.210#12.26)