Bukan Skincare Semata, Baliho OTW Jakarta Ridwan Kamil Pencitraan Politik Jelang Pilkada

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:02 WIB
loading...
Bukan Skincare Semata, Baliho OTW Jakarta Ridwan Kamil Pencitraan Politik Jelang Pilkada
Baliho Ridwan Kamil di sejumlah lokasi menyita perhatian publik. Foto/Instagram Ridwan Kamil
A A A
BANDUNG - Pengamat politik Universitas Padjajaran (Unpad) Firman Manan mengomentari klarifikasi Ridwan Kamil atau Kang Emil soal baliho OTW Jakarta yang disebut sebagai promosi skincare.

Menurut Firman, baliho OTW Jakarta milik Ridwan Kamil bukan hanya alat atau trik yang digunakan untuk menarik perhatian, namun juga bagian dari pencitraan politik untuk meningkatkan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat tersebut.

“Jangan lupa Kang Emil mendapatkan rekomendasi Partai Golkar untuk Pilgub DKI dan Jabar. Jadi kalau kita lihat posisinya, apa yang dilakukan Kang Emil itu sebagai upaya membangun pencitraan dan memperbesar peluang maju di DKI,” kata Firman, Kamis (29/2/2024).



Terlebih, Ridwan Kamil dinilainya memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik. Sehingga, baliho OTW Jakarta tersebut sudah seharusnya dipahami sebagai strategi politik.

“Kita kan juga tahu, Kang Emil sejak jadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar memiliki kelebihan komunikasi publik yang baik. Jadi kalau bagi saya, harus memahami bahwa ini adalah bentuk komunikasi publik dari seorang politisi yang sudah mendapatkan rekomendasi dari partainya walaupun belum pasti,” ujarnya.

Adapun terkait keberhasilan Ridwan Kamil dalam menarik suara melalui baliho tersebut, Firman mengatakan hal tersebut perlu dipantau hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.



“Itu yang perlu dilihat ke depannya, yang pasti saat ini saya melihatnya itu upaya Kang Emil untuk mendapatkan panggung dan agar dibicarakan di ruang publik, saya memahami itu sebagai strategi politisi,” ungkapnya.

Diketahui, Ridwan kamil memberikan klarifikasinya tentang baliho OTW Jakarta yang ramai jadi perbincangan publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6382 seconds (0.1#10.140)