Heboh, Air dan Api Bisa Menyatu di Lereng Gunung Lawu Bikin Gempar

Minggu, 21 Maret 2021 - 17:37 WIB
loading...
A A A
"Saya nyalakan lagi ya apinya," ucap Siti Khomsiyah sambil menyalakan korek gas dan mendekatkan pada pipa air, dan apipun menyala kembali, Minggu (21/3/2021).

Menurut Siti Khomsiyah, fenomena alam ini ditemukan tak terduga. Dari keterangan Kepala Desa Krendowahono, sumur ini dulunya bekas sumur bor bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada September 2019.

"Daerah ini setiap musim kemarau selalu kesulitan air bersih. Kemudian, desa ini mendapatkan bantuan pembuatan sumur untuk mengatasi kesulitan warga mendapatkan air. Sehingga sering mendapatkan droping air," paparnya.

Setelah dibor hingga kedalaman 120 meter, air pun keluar dari lokasi tersebut. Namun, karena air yang keluar rasanya cukup asin, akhirnya sumur yang sudah dibor ini ditinggalkan warga begitu saja.

Kemudian, ungkap Siti, diawal Januari 2020, masyarakat setempat kembali mengecek bekas lokasi sumur bantuan dari Baznas tersebut.

Wargapun keheranan, ternyata pipa plaron yang sudah tersambung itu tetap mengeluarkan air. Wargapun kemudian mengikuti arah pipa paralon tersebut. Dan ternyata, pipa itu mengarah pada sumur sudah digali.



"Malam harinya pak Kades dan beberapa pemuda desa, melakukan penelusuran pipa plaron. Karena kondisinya malam hari dan tidak ada penerangan, dinyalakanlah korek api. Ternyata saat didekatkan di air malah menyala. Kemungkinan ada gasnya. Dan oleh warga dicoba untuk memasak telur juga matang," ujarnya.

Sejak saat itulah, fenomena alam yang akhirnya diberi nama oleh istri Bupati Karanganyar, Air Berapi Dukuh ini mulai diserbu warga yang merasa penasaran dan ingin melihat keajaiban alam.

Apalagi, ungkap Siti, warga setempat juga menyakini air tersebut bisa digunakan untuk obat. Setelah secara tak sengaja, anak pak Kades yang memiliki alergi di kulit, bisa sembuh setelah beberapa kali kakaknya dibasuh dengan menggunakan air tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4223 seconds (0.1#10.140)