Darurat Tenaga Pengajar, Guru Honorer Minta Pemerintah Serius Mengatasi

Minggu, 14 Maret 2021 - 15:14 WIB
loading...
Darurat Tenaga Pengajar, Guru Honorer Minta Pemerintah Serius Mengatasi
Pemerintah diminta serius menangani kekurangan guru aparatur sipil negara (ASN) melalui jalur penerimaan CPNS atau PPPK. Sebab 3 tahun lagi bakal darurat guru negeri. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pemerintah diminta serius menangani kekurangan guru aparatur sipil negara (ASN) baik melalui jalur penerimaan CPNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal itu karena dalam tiga tahun ke depan Indonesia bakal darurat guru negeri.

Baca juga: Afirmasi PPPK Guru Honorer Tersertifikasi, FGHBSN: Ini Kabar Gembira

"Kami berharap, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serius menangani kebutuhan dan kekurangan guru ASN yang mencapai 1,3 juta," kata Ketua Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Rizki Safari Rakhmat, Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Timika Papua Gempar! 25 Siswa di Asrama Dilecehkan dan Dipukul Guru Honor

Menurut dia, walaupun formasi yang beredar, saat ini sudah tersedia sekitar 513.000, namun pihaknya berharap kuota pemenuhan 1 juta guru ASN dapat segera terpenuhi. Pelaksanaan rekrutmen juga bisa tepat waktu serta tepat sasaran.

"Pemerintah pusat dan daerah harus melakukan pemetaan keterbutuhan guru ASN setiap tahunnya dengan konsisten, karena dalam 3 tahun terakhir akan banyak guru PNS yang pensiun," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan rekrutmen guru ASN harus konsisten setiap tahun dilaksanakan dengan komposisi PNS dan PPPK. Walaupun, untuk status guru PPPK diharapkan hanya sementara.

Nantinya, lanjut dia, guru PPPK bisa mendapat kesempatan menjadi guru ANS agar tidak perlu cemas dan juga merasa tenang ketika menjalankan tugas dan kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. "Kedepannya sudah tidak ada lagi istilah guru honorer, semua guru di sekolah negeri menjadi guru ASN," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)