Partai Golkar Jawa Timur Usulkan Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil

Rabu, 10 Maret 2021 - 05:51 WIB
loading...
Partai Golkar Jawa Timur Usulkan Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberi sambutan dalam seminar penganugerahan gelar Pahlawan Nasional KH Muhammad Kholil di kantor DPD Partai Golkar Jatim. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - DPD Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) mengusulkan KH Muhammad Kholil atau lebih dikenal Syaikhona Kholil Bangkalan dijadikan sebagai Pahlawan Nasional. Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji mengatakan, pihaknya punya pertimbangan sendiri untuk mengusulkan tokoh kharismatis asal pulau Madura itu sebagai Pahlawan Nasional.

Salah satunya, adalah kiai Syaikhona merupakan sosok yang melahirkan ulama besar. Antara lain, beliau adalah guru dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari - (Pondok Pesantren Tebuireng) Jombang, KH Abdul Wahab Hasbullah (Pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras).

Ada juga kiai Bisri Syansuri (Jombang), kiai Abdul Manaf (Lirboyo-Kediri), kiai Maksum (Lasem), kiai Munawir (Krapyak-Yogyakarta), kiai Bisri Mustofa (Rembang Jateng) dan kiai Nawawi (Sidogiri).

Salah satu syarat selama proses pengusulan adalah diskusi di tingkat lokal dan tingkat provinsi. Setelah itu proses diskusi di tingkat pusat. “Jadi proses menyaring seseorang untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional itu memang berlapis-lapis. Meskipun sudah sangat masyhur tetapi prosesnya seperti itu,” tandas Khofifah.

Selain Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa , seminar ini juga dihadiri Bupati Bangkalan Ra Abdul Latif Amin Imron dan Ketua PCNU Bangkalan, KH Makki Nasir. Selain itu, ada ulama se-Madura, anggota DPRD Jatim Fraksi Golkar Adam Rusydi, Tim Perumus Naskah Akademik, Dr. Muhaimin dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim, Alwi. (lukman hakim).
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)