Warga Sulsel Diimbau Laksanakan Salat Idul Fitri di Rumah

Selasa, 19 Mei 2020 - 06:27 WIB
loading...
A A A
Diapun meluruskan terkait rencana Pemkot Makassar melalui Pj Wali Kota Makassar yang memberikan izin pelaksanaan salat Id di masjid di sekotar kediaman warga. Menurut Nurdin hal itu masih sebatas kajian dan opsi yang belum diputuskan secara resmi.

Baca : Skema Pelaksanaan Salat Idul Fitri Diputuskan Hari Ini di Manunggal

"Saya kira nggak (belum ada keputusan resmi). Kita baru mau rapat besok (hari ini) dengan seluruh bupati, wali kota, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan. Kita harus ikuti apa yang disampaikan pemerintah pusat," pungkas Nurdin.

Sementara Sekretaris MUI Sulsel, Prof HM Galib mengaku, masih menunggu keputusan pemerintah terkait pelaksanaan salat Id di Sulsel. Apalagi pihaknya belum kembali diundang untuk membahas kebijakan ini bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Sulsel.

"Belum ada info dari sana (tim Gugus Tugas Covid-19 Sulsel)," singkat Galib kepada SINDOnews melalui pesan elektroniknya, kemarin.

Namun rencana ini dikatakan sudah dibahas di tingkat internal pengurus harian MUI Sulsel. Hanya saja, dirinya belum bisa menjabarkan sampai rencama ini difinalkan bersama Pemprov Sulsel. "Sementara menunggu informasi/undangan dari Gugus Penanganan Covid-19," jelasnya.

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat telah mengeluarkan fatwa Nomor 28/2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19. Edaran itu diterbitkan pada 13 Mei lalu.

Dalam fatwa tersebut ditekankan pelaksanaan salat Idul Fitri dibolehkan di masjid atau di lapangan bagi kawasan atau daerah yang dianggap tingkat penularan Covid-19 masih terkendali atau bebas dari wabah. Hanya saja, fatwa itu masih akan ditindaklanjuti dan disesuaikan penerapannya sesuai kondisi di tiap wilayah.

Dalam poin fatwa itu juga ada ketentuan pelaksanaan salat Id yang bisa dilaksanakan secara berjamaah oleh keluarga di rumah masing-masing. Baik di rumah atau di masjid/lapangan, MUI pun tetap mengimbau protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sulsel Tembus 1.017, 55 Orang Meninggal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)