Tak Mampu Isolasi Mandiri, Pemkab OKI Siap Fasilitasi

Senin, 18 Mei 2020 - 22:00 WIB
loading...
Tak Mampu Isolasi Mandiri, Pemkab OKI Siap Fasilitasi
Bupati OKI Tinjau Pembangunan PDP Center. Foto/SINDOnews/NovanWijaya
A A A
OKI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, siap memfasilitasi warganya yang tak mampu melakukan isolasi mandiri. Sebelumnya, Pemkab OKI sudah menyiapkan Gedung Diklat Teluk Gelam sebagai fasilitas karantina terpusat.

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE mengungkap untuk melakukan isolasi mandiri memang tidak mudah, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. ( Baca:Pemkab OKI 'Sulap' Hotel Kembar di Kawasan Wisata Jadi PDP Center )

"Ketika harus isolasi di rumah tentu ada konsekuensi dan resiko menulari kontak erat, soal pangan dan vitamin tentu memberatkan," ungkap Iskandar saat meninjau ODP Center Gedung Diklat Teluk Gelam, Senin (18/5/2020).

Untuk itu, kata Iskandar, pihaknya mengundang orang dalam pemantauan (ODP), pelaku perjalanan wilayah terjangkit (PPT) untuk melakukan isolasi terpusat di ODP center Teluk Gelam.

"Kita fasilitasi, ada ruangan representatif, makan-minum, suplemen tambahan dan layanan kesehatan gratis lainnya," ungkap Iskandar.

Iskandar memproyeksi, kawasan Wisata Teluk Gelam menjadi pusat penyembuhan bagi pasien Corona . Selain ODP Center yang sudah eksis, Hotel Kembar Teluk Gelam juga sedang direnovasi untuk dijadikan PDP Center.

"Pelayanan Corona kita pusatkan di sini, ODP maupun PDP," ungkap dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI Iwan Setiawan, S. KM mengungkap, sejak dibuka ODP center Teluk Gelam telah melayani 34 orang, baik ODP maupun PPT.

"Alhamdulilah sejak mengikuti isolasi terpusat di sini (ODP center) semuanya dinyatakan sehat dan negatif Corona," ujar Iwan.

Selain pelayanan kesehatan rutin yang diberikan, tambah Iwan, kesembuhan pasien yang diisolasi itu juga berkat kebersamaan antara tenaga medis dan sesama warga karantina.

"Kita siapkan jadwal rutin semasa karantina seperti senam pagi, agar mereka nyaman selama mengikuti isolasi" ujar Iwan.

Kini semua pasien isolasi terpusat sudah dipulangkan, meski demikian gedung ini tetap disiagakan untuk layanan isolasi terpusat lainnya.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5093 seconds (0.1#10.140)