Karhutla Meluas, Pemkab OKI Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Senin, 04 September 2023 - 12:48 WIB
loading...
Karhutla Meluas, Pemkab OKI Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana
Satuan Tugas (Satgas) Karhutla melakukan pemadaman di sejumlah titik api karhutla yang terjadi di Ogan Komering Ilir. Foto/Dede Febriansyah
A A A
OKI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan meningkatkan status siaga darurat bencana menjadi tanggap darurat bencana lantaran titik api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus meluas.

Hal itu menyusul terlihat banyak titik api yang bermunculan di kawasan OKI hingga menyebabkan terjadinya kabut asap. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, titik api muncul dan membakar lahan gambut di pinggir ruas Tol Kayuagung-Palembang pada KM 356+400.

Pihak Satuan Tugas (Satgas) Karhutla pun masih melakukan pemadaman di sejumlah titik api kebakaran hutan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir di kawasan tersebut.

Salah satu warga Desa Embacang, Kecamatan Mesuji Raya OKI, Rian mengatakan, kebakaran hutan dan lahan semakin meluas sejak musim kemarau tahun ini, bahkan tak jarang api merambat hingga perkebunan warga.



"Tidak hanya berdampak kepada lingkungan karena asap pekat, tapi hasil pertanian warga juga terancam gagal panen bahkan sebagian pohon sawit dan tanaman warga lainnya ada yang sudah hangus terbakar. Kami berharap pemerintah dapat segera mengatasinya secepat mungkin jangan sampai meluas," ujar Rian, Senin (4/9/2023).

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab OKI, Antonius Leonardo mengatakan, pihaknya telah meningkatkan status Siaga Darurat Bencana menjadi Tanggap Darurat Bencana.

"Peningkatan status ini untuk lebih mengoptimalkan upaya pengendalian Karhutla dengan memaksimalkan semua sumber daya,” ungkap Antonius.



Listiadi menjelaskan, kebakaran yang terjadi di kawasan OKI masih didominasi kebakaran lahan gambut, sehingga dibutuhkan pemadaman secara intensif.

"Kawasan tersebut merupakan kawasan lahan gambut, api sulit dipadamkan. Untuk itu kami terus berupaya memadamkan api secara berkala yang juga dibantu lewat water bombing," jelasnya.

Dalam tiga hari terakhir, lanjut Listiadi, tim Manggala Agni dikerahkan memadamkan api di kawasan Ogan Ilir dan OKI. "Kami terus berkoordinasi dengan tim patroli udara untuk menyisir wilayah yang terbakar," jelasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)