Tanggul Citarum Jebol, Warga Kebanjiran, Pangdam III/Siliwangi: Kami Siap Perbaiki

Selasa, 23 Februari 2021 - 07:27 WIB
loading...
Tanggul Citarum Jebol, Warga Kebanjiran, Pangdam III/Siliwangi: Kami Siap Perbaiki
Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat meninjua korban banjir di pengungsian. Foto/Dok. Pendam III Siliwangi
A A A
KARAWANG - Tanggul Sungai Citarum , dan jaringan irigasi jebol akibat tingginya debit air, sehingga banjir meluap ke sejumlah permukiman warga. Kondisi ini menjadi perhatian khusus Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.



Dia menyatakan, prajurit TNI di jajaran Kodam III/Siliwangi siap memperbaiki tanggul dan jaringan irigasi yang jebol. Untuk memperbaiki tanggul itu, Kodam Siliwangi akan bekerja sama dengan Polri dan masyarakat.



"Kami (Kodam Siliwang dan jajaran) siap memperbaiki tanggul Sungai Citarum yang jebol," kata Nugroho saat meninjau lokasi banjir di Desa Karang Linggar, dan Suka Makmur, Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.



Penyebab banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Karawang, kata Pangdam, karena tanggul Sungai Citarum, dan irigasi jebol. Akibatnya, luapan air Sungai Citarum yang dipicu intensitas hujan yang tinggi, melimpas dan merendam permukiman warga.

"Intensitas curah hujan yang sangat tinggi, mengakibatkan tanggul sungai dan ada tanggul irigasi yang jebol, sehingga sejumlah desa di Karawang terdampak banjir," ujar Nugroho Budi Wiryanto.



Pangdam III/Siliwangi melakukan peninjauan daerah bencana bersama pelaksana tugas Bupati Karawang, Yerry Yanuar, Waaslog, Waaster Kasdam III/Siliwangi, Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, dan Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra.

Selain meninjau, juga memberikan bantuan kepada korban banjir berupa bantuan sembako termasuk Kampung Warung Sari yang enggan mengungsi, mendapatkan paket sembako sama dan diantar langsung oleh anggota TNI.



"Saya berharap, dengan musibah banjir ini, semua mengambil hikmahnya. Untuk itu, jangan membuang sampah sembarangan. Kita harus selalu menjaga kebersihan dan lingkungan termasuk selokan-selokan," ujar jenderal TNI bintang dua ini.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)