Dihantam Pandemi COVID-19, PTDI Dapat Tantangan Dari Menhub, Apa Itu?

Sabtu, 20 Februari 2021 - 05:30 WIB
loading...
Dihantam Pandemi COVID-19, PTDI Dapat Tantangan Dari Menhub, Apa Itu?
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau penyelesaian pembuatan pesawat CN-235 pesawat Senegal. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Kemampuan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dalam memproduksi pesawat terus berkembang. Salah satunya, kemampuan mereka memproduksi CN-235 yang kini terus dikembangkan teknologinya sehingga semakin canggih.



Keberhasilan PTDI untuk terus berkembang di tengah badai pandemi COVID-19 tersebut, mendapatkan apresiasi dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat meninjau pesawat CN-235 yang akan dikirim ke Senegal.



Menurutnya, dengan terus berkarya, sumber daya manusia (SDM) mumpuni yang dimiliki PTDI tetap diberdayakan. "Di PTDI ini adalah orang-orang yang punya keterampilan, sehingga perlu memberikan peluang-peluang bagi mereka agar selalu berkarya," katanya.



Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ujar Budi Karya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong produk bangsa sendiri menguasai pasar dalam negeri. "Rencananya, tahun depan Kemenhub akan membeli satu pesawat CN-235 ," ujarnya.

Budi Karya menantang PTDI untuk membuat dan memproduksi pesawat amfibi , yang bisa melakukan take off serta landing di perairatan dan daratan. Sebab, sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat membutuhkan pesawat jenis ini. "Sebagai negara kepulauan, kita (Indonesia) membutuhkan pesawat amfibi . Mungkin semua tahu (Pulau) Banda Neira itu membutuhkan amfibi," kata Budi.

Dihantam Pandemi COVID-19, PTDI Dapat Tantangan Dari Menhub, Apa Itu?


Saat ini, ujar Budi Karya, ada satu angkutan masyarakat dari Ambon, ke Banda Neira. Karena itulah, pesawat amfibi diperlukan guna menghubungkan masyarakat yang berdomisili di daerah kepulauan seperti itu. "Saya nanti menganjurkan untuk perusahaan dalam negeri menggunakan ( pesawat amfibi )," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)