Dana Desa Belum Cair, PPKM Mikro di Gresik Sulit Dilaksanakan

loading...
Dana Desa Belum Cair, PPKM Mikro di Gresik Sulit Dilaksanakan
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro terkendala dana desa. Foto/Ilustrasi
GRESIK - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, sulit dilaksanakan di wilayah Kabupaten Gresik. Pemicunya, pemerintahan desa mengeluhkan belum cairnya dana desa untuk melaksanakan PPKM mikro .

Baca juga: Carut Marut Pengelolaan Dana Desa, DPRD Pesisir Barat Angkat Bicara

"Kalau dana desanya belum cair , bakal sulit dilaksanakan," ujar Kades Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Bahrul Ghofar, Minggu (14/2/2021). Padahal, melalui Surat Edaran Menteri Keuangan No. 2/02/pmk/2021 penggunaan dana desa untuk bantuan langsung tunai (BLT) dan delapan persen untuk PPKM mikro .





Pemkab Gresik terlambat menindaklanjuti surat edaran Menteri Keuangan tersebut, terutama mengeluarkan Perbup pencairan dana desa . Pasalnya, Bupati Sambari Halim Radianto saat itu masih menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19.

Baca juga: Tanpa Gejala, Zumi Zola dan Patrialis Akbar Positif COVID-19 di Lapas Sukamiskin

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gresik, Malahatul Farda menjelaskan, Perbup untuk pencairan dana desa sudah disahkan pada Kamis (11/2/2021) lalu, Plt Bupati Muhammad Qosim telah menandatangani pemindah bukuan. "Sehingga proses pencairan dana desa tinggal menunggu keaktifan dari masing-masing desa," katanya, Minggu (14/2/2021).



Disebutkan, pencairan dana desa ini tidak seperti tahun sebelumnya. Tahun lalu, jika berkas 330 desa belum genap dikumpulkan, BPPKAD belum bisa mencairkan. Untuk tahun ini, satu desa yang mengirimkan berkas ke BPPKAD langsung bisa diproses.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top