Usai Divaksin, 9 Tenaga Kesehatan Palembang Malah Positif COVID-19

Senin, 08 Februari 2021 - 22:40 WIB
loading...
Usai Divaksin, 9 Tenaga Kesehatan Palembang Malah Positif COVID-19
9 tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Rumah Sakit Mohammad Hosein (RSMH) Palembang positif terpapar COVID-19. Padahal para nakes tersebut sudah divaksin. SINDOnews/Era
A A A
PALEMBANG - 9 tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Rumah Sakit Mohammad Hosein (RSMH) Palembang positif terpapar COVID-19 . Padahal para nakes tersebut sudah divaksin.

Direktur Utama RSMH Palembang, Bambang Eko Subaryanto membenarkan ada 9 nakes yang positif corona meskipun sebelumnya sudah divaksin. "Setelah divaksin, bukan berarti seseorang itu kebal virus corona. Mereka tetap akan terpapar jika tidak menerapkan protokol kesehatan ," katanya, Senin (8/2/2021).

Para nakes itu sebelumnya sudah menjalani vaksinasi tahap pertama. Oleh karena itu, menurutnya ada 2 faktor yang kemungkinan bisa menyebabkan penularan virus itu. "Pertama mereka bisa saja sudah terpapar terlebih dahulu dan menjadi OTG. Sebab sebelum vaksin kan tidak dilakukan PCR terlebih dahulu," katanya.

Lalu yang kedua, bisa juga dikarenakan imunitas yang belum bagus meskipun sudah divaksin. Sehingga yang bersangkutan tetap terpapar virus corona. Baca: Melawan saat Ditangkap, 2 Kurir Narkoba Sindikat Man Batak Ditembak.

Dikatakan, pada vaksinasi pertama umumnya kekebalan tubuh seseorang akan meningkat hingga 70 persen, lalu kembali meningkat menjadi 97 persen setelah disuntik vaksin kedua. "Jadi intinya meski sudah divaksin pertama bukan berarti langsung terhindar dari corona. Makanya tetap diwajibkan menerapkan 3M," katanya. Baca Juga: Cinta Tak Direstui, Ridwan Nekat Rusak dan Bakar Rumah Sang Kakak.

Adapun para nakes yang positif terpapar corona tersebut saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Hal itu mengingat mereka termasuk dalam pasien OTG.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3196 seconds (0.1#10.140)