KPU Tetapkan Ngesti Nugraha-Basari sebagai Bupati-Wakil Bupati Semarang Terpilih

loading...
KPU Tetapkan Ngesti Nugraha-Basari sebagai Bupati-Wakil Bupati Semarang Terpilih
Ngesti Nugraha-Basari menunjukan dokumen penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Semarang terpilih, Kamis (21/1/2021). Foto/Ist
SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang menetapkan Ngesti Nugraha-Basari sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Semarang terpilih dalam Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. Penetapan pasangan calon terpilih dilakukan dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Semarang terpilih, Kamis (21/1/2021).

Ketua KPU Kabupaten Semarang Maskup Asyadi mengatakan penetapan pasangan calon terpilih sesuai Pasal 54 ayat 1 PKPU Nomor 19 Tahun 2020 atas perubahan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang rekapitulasi penghitungan suara Bupati dan Wakil Bupati.

Baca juga: Dana Kampanye Pilkada Kabupaten Semarang 2020, KPU Batasi Maksimal Rp31,9 Miliar "KPU Kabupaten Semarang menetapkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang nomor urut 2 Ngesti Nugraha-Basari sebagai pasangan calon terpilih. Itu juga sesuai berita acara nomor 4/PL.02.07-BA/332/KPU-KAB/I/2021 tentang penetapan calon terpilih," terangnya.

Baca: Penampakan Tanah dan Bangunan Penyebab Anak Gugat Ayah Kandung Tua Renta Rp3 Miliar



Penetapan itu, sesuai surat MK Nomor 165/PAN/MK.01/2021/ tertanggal 20 Januari 2021 perihal keterangan atas Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang menyatakan tidak ada gugatan atau perkara pemilu.

Dia menyatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang 2020, pasangan calon Ngesti Nugraha-Basari unggul dari rivalnya pasangan calon Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono dengan memperoleh suara sebanyak 386.222.

Terkait tingkat partisipasi pemilih dalam Pilbup Semarang 2020, Maskup mengatakan, melampaui target nasional diangka 77,5% dari 21 kabupaten dan kota di Jateng atau menempati peringkat ke enam.



"Tentu ini partisipasi dari semua pihak. Alhamdulillah tidak ada klaster penularan virus Corona akibat pemilu juga sehingga pemilihan berjalan lancar dan semoga harapan masyarakat dapat diwujudkan Paslon terpilih," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Semarang Mundjirin mengapresiasi setiap tahapan yang dilakukan KPU bersama Bawaslu sehingga Pilbup berjalan dengan damai tanpa meninggalkan perselisihan. "Suksesnya pesta demokrasi dapat tercapai karena kerja keras semua pihak dan partisipasi masyarakat yang sangat baik," ujarnya.

Mundjirin berharap kepada pasangan calon terpilih dapat meneruskan dan meningkatkan pembangunan di Kabupaten Semarang. "Mari kita dukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024 demi suksesnya pembangunan di Kabupaten Semarang," ujarnya.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top