Sepekan PPKM di Salatiga, Tim Gabungan Tindak Ratusan Pelanggar Prokes COVID-19

loading...
Sepekan PPKM di Salatiga, Tim Gabungan Tindak Ratusan Pelanggar Prokes COVID-19
Petugas gabungan saat menindak warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan COVID-19 di Tingkir, Salatiga. Foto/ist
SALATIGA - Selama sepekan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) di wilayah Kota Salatiga, Jawa Tengah, tim gabungan yaitu Satpol PP, TNI, Polri dan instansi terkait telah menindak 374 orang. Mereka kedapatkan melanggar ketentuan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan COVID-19.

Kepala Dinas Satpol PP Kota Salatiga Agung Nugroho menjelaskan, ratusan orang pelanggar prokes COVID-19 terjaring dalam operasi yustisi yang digelar secara rutin diempat wilayah kecamatan. "Ratusan orang yang terjaring operasi yustisi tidak hanya warga Salatiga. Ada sejumlah warga dari luar daerah yang juga terjaring operasi yustisi di Salatiga," katanya, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Sepekan Penerapan PTKM di Sleman Terjadi 301 Pelanggaran

Dia mengatakan, secara umum tingkat kesadaran warga Kota Salatiga dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sudah baik. Demikian pula dengan para pelaku usaha dalam mentaati jam operasional selama PPKM juga sudah baik.



"Meski demikian, kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Pelaku usaha juga terus kami ingatkan agar mentaati jam operasional selama PPKM," tandasnya.

Sementara itu, warga yang terjaring operasi yustisi tidak hanya ditindak sesuai ketentuan yang berlaku. Petugas juga petugas memberikan arahan kepada mereka agar mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19. "Kami melakukan operasi yustisi ini secara humanis. Warga yang melanggar protokol kesehatan, kami berikan tindakan sosial," ujar Camat Tingkir Saefudin.

Baca juga: Aneh dan Unik, Pohon Pisang di Gunungkidul Berbuah 4 Tandan



Dia menyatakan, kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara rutin dan bersama- sama seluruh steak holder yang terlibat dalam penanganan COVID-19 di wilayah Tingkir.

"Masyarakat sangat menginginkan terwujudnya kondusifitas wilayah juga sangat mengharapkan permasalahan dan COVID-19 segera berakhir. Sehingga mereka mendukung kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur aparat pemerintah dalam melakukan penertiban protokoler kesehatan," tandasnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top