Awal Februari, Pemprov Jawa Timur Bakal Terima 120.000 Dosis Vaksin Sinovac

Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:15 WIB
loading...
Awal Februari, Pemprov Jawa Timur Bakal Terima 120.000 Dosis Vaksin Sinovac
Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Pada awal Februari mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) bakal kembali menerima vaksin sinovac sebanyak 120.000 dari Pemerintah Pusat. Saat ini, Pemprov Jatim sudah menerima sebanyak 77.760 dosis vaksin asal China tersebut. Vaksin tersebut, untuk tahap, didistribusikan ke Surabaya Raya (Surabaya, Gresik dan Sidoarjo).

“Pada tahap awal pelaksanaan vaksinasi ini memang hanya ada 3 daerah prioritas yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Tapi dalam waktu dekat harapannya proses vaksinasi dapat segera tersebar ke 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur,” kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Kamis (15/1/2021). Baca juga: Kapolda Jabar Ancam Ambil Langkah Hukum bagi Provokator Vaksinasi COVID-19

Orang nomor dua di Jatim itu menambahkan, sebagai upaya percepatan proses vaksinasi ini, pihaknya terus melakukan pelatihan kepada para vaksinator yang akan bertugas menyuntikan vaksin kepada para penerimanya. Pada periode Januari-Maret 2021, pihaknya memberikan pelatihan kepada vaksinator total sebanyak 7.200 orang. “Vaksin memang membuka harapan baru untuk terbebas dari pandemi, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah mengaku mendukung penuh vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus SARS CoV-2. Vaksinasi adalah salah satu ikhtiar pencegahan terhadap COVID-19. “Vaksin ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat. Saya berharap masyarakat Jawa Timur agar selalu menjaga kesehatannya pada masa pandemi ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar mengajak seluruh pengurus dan warna NU untuk ikut berperan Serta dalam mensukseskan program vaksinasi COVID-19 di Jatim. Ajakan ini mengacu pada imbauan nomor 818/PW/A11/L/1/2021, yakni berdasarkan hasil Bahtsul Masa'il PWNU Jatim tentang diperbolehkannya penggunaan vaksin. “Vaksin ini sudah teruji manfaatnya untuk menambah imunitas tubuh di masa pandemi,” katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)