Puluhan Warga Lembang Kena Tegur Petugas di Hari Pertama PPKM

Senin, 11 Januari 2021 - 20:04 WIB
loading...
Puluhan Warga Lembang Kena Tegur Petugas di Hari Pertama PPKM
Petugas dari Polsek Lembang saat menggelar operasi yustisi pencegahan COVID-19 di kawasan Alun-alun Lembang, KBB, di hari pertama PPKM, Senin (11/1/2021). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Puluhan warga di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terjaring operasi Yustisi COVID-19 di hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ). Mereka kedapatan tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Di hari pertama pelaksanaan PPKM, ternyata masih ada warga yang tidak mengenakan masker sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Mereka diberi pemahaman dan bagi yang tidak bawa masker, kami kasih masker,” kata Kanit Sabhara Polsek Lembang, AKP Benidiktus, Senin (11/1/2021). (Baca Juga: Hari Pertama PPKM, Tim COVID-19 Hunter Keliling Sidoarjo Gelar Operasi Yustisi)

Dia menjelaskan, operasi yustisi COVID-19 ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat. Sebab banyak dari mereka yang belum mengetahui jika mulai hari ini dilaksanakan PPKM. Ini sesuai instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pengendalian COVID-19.

Menurutnya, dari hasil operasi yang dilakukan sebanyak 9 orang terjaring tidak menggunakan masker. Mereka kemudian langsung didata dan dicatat identitasnya. Ada juga sebanyak 19 warga yang tetap ditegur meski membawa masker, karena mereka tidak menggunakannya secara benar. (Baca Juga: Hari Pertama PPKM, Bali Pecahkan Rekor Baru Kasus COVID-19)

“Pakai masker juga harus benar, makanya tadi ada yang bawa tapi tetap kami tegur. Karena tidak menutupi mulut dengan benar, atau maskernya diturunkan hingga ke leher," terangnya.

Mengingat PPKM masih lama hingga tanggal 25 Januari 2021, pihaknya mengimbau kepada warga untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan. Terutama memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin cuci tangan, dan hindari kerumunan. Termasuk juga tidak dulu menggelar pesta hajatan yang mengundang orang banyak. (Baca Juga: Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Kartu Izin Pedagang Dicabut)

“PPKM digelar selama dua pekan, operasi pengawasan terus dilakukan terutama di keramaian. Untuk wilayah Lembang ini seperti di pasar dan Alun-alun Lembang," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2419 seconds (0.1#10.140)