3 Hari Hilang Usai Kapalnya Ditabrak Kapal Dagang, Nelayan Pati Belum Ditemukan

Senin, 11 Januari 2021 - 17:37 WIB
loading...
3 Hari Hilang Usai Kapalnya Ditabrak Kapal Dagang, Nelayan Pati Belum Ditemukan
Tim SAR menyiapkan sarana pra sarana, untuk mencari nelayan hilang di sebelah utara Pantai Karangjahe, Rembang, Senin (11/1/2021). Foto/iNews/Musyafa Musa
A A A
REMBANG - Tim gabungan dari Pati, Rembang, Basarnas dan relawan Balakar, menggelar pencarian nelayan korban hilang di perairan sebelah utara obyek wisata Pantai Karangjahe, Desa Punjulharjo, Kabupaten Rembang.

(Baca juga: Kapal Misterius Hantam Perahu, 1 Nelayan Hilang Tenggelam )

Korban nelayan yang dicari atas nama Budiyono (33), warga Dusun Belukan, Desa Lumbungmas, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati. Budiyono sebelumnya bersama Untung (42) warga Desa Klayusiwalan, Kecamatan Batangan Kabupaten Pati, pada hari Jumat (8/1/2021) berangkat mencari ranjungan dari perairan Pecangaan, Kecamatan Batangan Pati, perbatasan dengan Kabupaten Rembang.

Lokasi pencarian ranjungan di sebelah utara Juwana, Kabupaten Pati. Setelah melakukan tabur jaring bobo pencari rajungan, kedua nelayan tersebut istirahat di atas kapal, sambil menunggu jaring ditarik.



Naas, sekitar pukul 15.30 WIB kapal yang ditumpangi Budiyono dan Untung ditabrak sebuah kapal dagang. Kedua nelayan tercebur ke laut. Untung selamat dengan memegangi sebatang bambu dan ditolong awak kapal nelayan lain, pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 01.00 dini hari.

(Baca juga: Baru Menikah, Pasutri Korban Jatuhnya Sriwijaya Air Akan Gelar Ngunduh Mantu di Pontinak )

Kepala Satpol Air Polres Rembang, AKP Sukamto mengatakan, pencarian nelayan di perairan utara Karangjahe adalah upaya lanjutan dari tim gabungan Pati. Pihaknya sebatas membantu. "Jadi sudah tiga hari ini dicari, khusus pencarian di perairan Rembang baru hari pertama," ungkapnya.

Sukamto menambahkan, pencarian nelayan hilang menggunakan tiga unit perahu karet. Arahnya dipencar menuju tiga titik, ke barat, tengah dan ke timur. Ia memprediksi kalau melihat arah angin dan ombak, saat ini dari barat ke timur. Dimungkinkan korban terseret menuju Perairan Rembang.

(Baca juga: Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Positif COVID-19, Begini Kondisinya )

" Nelayan yang mengetahui keberadaan korban, mohon bisa menginformasikan kepada tim SAR. Tadi kita sudah melakukan pencarian berjarak 5 Mil dari bibir pantai," kata Sukamto. Hingga Senin (11/1/2021) sore ini, korban hilang belum ditemukan. Upaya pencarian untuk sementara dihentikan dulu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4001 seconds (0.1#10.140)