Menyelamatkan Lingkungan di Tengah Pandemi, Ini Aksi Para Pelaku Eco School

Jum'at, 08 Januari 2021 - 17:35 WIB
loading...
Menyelamatkan Lingkungan di Tengah Pandemi, Ini Aksi Para Pelaku Eco School
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana memberikan penghargaan Surabaya Eco School pada siswa dan sekolah. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Puluhan siswa SD dan SMP bersama sejumlah keluarga serta perwakilan dari sekolah menerima penghargaan Awarding Surabaya Eco School 2020 di Ruang Sidang Wali Kota Surabaya , Jumat (8/1/2021).

Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada 40 orang siswa, guru dan kepala sekolah terbaik pada pelaksanaan awarding Surabaya Eco School 2020. Melalui Climate Action on Pandemic, mereka menjadi pelopor gerakan sekolah sadar iklim dan keluarga sadar iklim 2020.

(Baca juga: Hebat, Plastik Berbahan Kentang Ini Bisa Terurai 28 Hari Dalam Tanah, Lho Kok Bisa?)

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menuturkan, program Surabaya Eco School ini diharapkan dapat memberikan pendidikan lebih dini kepada anak-anak agar peduli terhadap lingkungan . Apalagi di masa pandemi, mereka diarahkan kepada keluarga yang peduli terhadap ekosistem dan iklim.

(Baca juga: Masyarakat Jateng Diajak Bertahan di Rumah 1 Bulan, Ganjar: Kita Mesti Berkorban)

"Surabaya sendiri sudah berhasil menurunkan 2 derajat suhu pemanasan global. Dan ini yang kita harapkan bisa berlanjut pada generasi ke depan, anak muda, anak didik yang melanjutkan kita," kata WS, panggilan akrab Whisnu Sakti Buana.

Dia melanjutkan, melalui pendidikan terhadap kepedulian lingkungan lebih awal, maka akan menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik bagi anak-anak. Meski begitu, kekurangan terkait kepedulian lingkungan juga diharapkan bisa terus diperbaiki ke depannya. Untuk itu, pemkot akan terus memberikan dukungan terhadap aksi lingkungan tersebut.

"Artinya, nanti bisa kita lanjutkan dari Dinas Pendidikan, DKRTH (Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau) untuk lebih aktif lagi memantau sekolah itu agar lebih peduli pada lingkungan," ucapnya.

WS menambahkan, problem yang ada di perkotaan sendiri salah satunya adalah tentang sampah dan banjir. Untuk mengatasi hal itu diperlukan upaya-upaya pengelolaan sampah yang dimulai dari hulu, seperti di sekolah, rumah tangga dan perkampungan.

"Contoh tadi ada SDN Menanggal yang mengolah kompos sampai bisa menghasilkan 1 ton kompos. Juga beberapa SD lain yang bisa sampai tiga ton. Ini kan luar biasa. Hal seperti ini yang kita harapkan sehingga nanti sampai bisa tereduksi dari hulunya," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2375 seconds (0.1#10.140)