Vaksinasi COVID-19 di Mojokerto Dilakukan Pekan Depan

Rabu, 06 Januari 2021 - 19:30 WIB
loading...
Vaksinasi COVID-19 di Mojokerto Dilakukan Pekan Depan
ilustrasi
A A A
MOJOKERTO - Vaksinasi COVID-19 bakal mulai dilakukan di Kabupaten Mojokerto pekan depan. Saat ini, Pemkab Mojokerto menerima jatah 77.360 vaksin dari pemerintah pusat.

Plt Sekretaris Daerah (Sekdakab) Mojokerto, Didik Chusnul Yakin menyatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan jelang dilaksanakannya vaksin COVID-19 itu. Diantaranya melakukan pemilihan terhadap sejumlah orang pertama yang akan disuntik vaksin buatan perusahaan asal China Sinovac Biotech Ltd itu.

"Minggu depan, tanggal 13 Januari itu vaksin dirilis oleh Presiden. Insya Allah kita akan melaksanakan tanggal 15 Januari. nanti ada 10 orang akan di vaksin. Dinkes (Dinas Kesehatan) akan mempersiapkan sebelum dilakukan vaksinasi," kata Didik, Rabu (6/1/2021).

(Baca juga: Pembatasan Kegiatan di Jawa-Bali, Ini Respons Plt Walikota Surabaya )

Sementara ini, kata Didik, alokasi vaksin yang akan diterima Kabupaten Mojokerto sebanyak 77.360. Mereka yang akan dilakukan vaksinasi pertama yakni jajaran Forkopimda, pejabat layanan publik dan tenaga kesehatan. Lantaran, dua kategori tersebut menjadi orang yang paling rawan tertular virus Corona. Selain itu, jumlah vaksin yang masih terbatas.

"Tetapi harus kita screening dulu. Karena kalau dia (orang yang divaksin) komorbid tidak boleh dilakukan vaksin. Jadi dicek dulu, untuk mengetahui ada penyakit penyerta atau tidak. Kalau tidak ada penyakit penyerta, kita vaksin. Tapi tentunya yang dijadikan contoh misal Pak Bupati, kalau Pak Kapolres habis terkonfirmasi jadi tidak," katanya.

Mantan Kadinkes Kabupaten Mojokerto ini menjelaskan, screening dilakukan untuk melihat kesiapan kondisi seseorang. Menurutnya, jika kondisi badannya tidak siap maka tidak boleh dipaksakan karena akibatnya akan fatal. Untuk tenaga kesehatan yang disiapkan 10 orang pertama yakni dokter. Namun disesuaikan dengan kuota yang ada.

(Baca juga: Pemuda di Bali Kirim Foto dan Video Panas ke Suami Selingkuhannya )

"Kemarin kita langsung tancap gas. Kita kemarin langsung rapat dengan Satgas Covid dan kita punya tahapan. Insya Allah, besok kita jadwalkan melakukan penyemprotan bersama dengan semua jajaran sampai desa. Kemudian tanggal 9 hipnoterapi tahap kedua yang dilaksanakan Polres Mojokerto," tandas Didik
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)