Lagi, 2 Perawat Positif COVID-19 di Jatim Meninggal

Selasa, 05 Januari 2021 - 17:35 WIB
loading...
Lagi, 2 Perawat Positif COVID-19 di Jatim Meninggal
Suasana pemakaman jenazah COVID-19. Foto: Dok/SINDONews
A A A
SURABAYA - Dua perawat yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas di Jawa Timur (Jatim) kembali dilaporkan meninggal karena posotif terinfeksi COVID-19 . Ironis, dalam kurun waktu 3 hari di awal tahun 2021 ini, 4 perawat meninggal secara berturut-turut akibat COVID-19.

Sejumlah petugas pemulasaran jenazah, membawa peti jenazah almarhum perawat Sudarmaji untuk dimakamkan, Selasa (5/1/2021). Sebelum meninggal, perawat berusia 51 tahun yang bertugas di Puskesmas Blimbing, Kabupaten Jombang ini, dirawat selama sehari di ruang isolasi RSUD Kabupaten Jombang. (Baca Juga: Tangis Karyawan RSUD Kota Mojokerto Pecah, Lepas Perawat yang Meninggal Akibat COVID-19)

Beberapa jam sebelumnya, seorang perawat lainnya Udin Prasetyo, 51 tahunjuga meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit yang sama. Perawat Udin yang bertugas di RSUD Kabupaten Jombang ini, menjalani perawatan selama 5 hari di ruang isolasi. Kedua tenaga kesehatan yang meninggal hampir bersamaan ini gugur melawan COVID-19. (Baca Juga: Karawang-Depok Siaga I COVID-19, Gubernur Jabar Minta Bantuan TNI/Polri)

Ketua PPNI Jatim, Profesor Nursalam mendesak kepada pemerintah dan mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, karena lonjakan kasus serta pasien di tempat layananan kesehatan, menjadi salah satu penyebab rentannya perawat terpapar COVID-19. “Masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” katanya. (Baca juga: Jatim Tertinggi Kasus Perawat Meninggal Karena COVID-19)

Dengan meninggalnya dua perawat yang terpapar COVID-19 saat memberikan pelayanan kesehatan, kini total perawat di Jawa Timur yang meninggal selama pandemi COVID-19 mencapai 61 orang, sementara yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 1.961 orang perawat.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)