Taktik Jitu Olly Dondokambey Merahkan Sulawesi Utara

Selasa, 22 Desember 2020 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Di kabupaten lain, para pemimpinnya sejak awal sudah menyatakan dukungannya pada Olly, seperti Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong. Pemenang Pilkada Boltim versi quick count Sam Sachrul Mamonto-Oskar Manoppo di sejumlah kampanye juga menyatakan dukungannya pada Olly Steven. Begitu juga dengan Bupati Kepulauan Talaud, Elly Lasut.

Dan benar saja. Olly Dondokambey benar-benar menerapan strategy politik ilmiah layaknya pesan Sun Tsu dalam buku The Art War yang mengatakan victorious warrior win first and the go to war, while defeated warrior go to war first the seek the win.

Dengan menjadi merahnya sebagian besar wilayah di Sulawesi Utara ditambah dukungan dari bupati/wali kota non PDIP kepada Olly Steven, maka hakekatnya para pemimpin di Sulawesi Utara saat ini berada pada alur yang sama.

Tentu saja, hal ini akan memudahkan alur birokrasi serta kebijakan strategis pembangunan. Ujung-ujungnya yang merasakan dampaknya adalah masyarakat. Karena untuk pertama kali dalam sejarah, para pemimpin di kabupaten/kota akan punya misi dan visi yang sama dengan gubernur dan wakil gubernur Sulut. Yakni bagaimana menjadikan Sulut menjadi lebih hebat, lebih maju, dan punya peran signifikan sebagai pintu gerbang Pasifik.

Bukan hal yang mudah memang. Karena itu, tak lama setelah hasil quick count diumumkan, Olly mengajak semua pihak untuk menatap ke depan dan mengutamakan persatuan dan persaudaraan. Olly juga berharap, para calon kepala daerah yang menjadi pemenang tidak larut dalam euforia. Namun justru sebaliknya bersiap untuk bekerja keras melayani rakyat khususnya dalam menghadapi dampak pandemi.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)