Taktik Jitu Olly Dondokambey Merahkan Sulawesi Utara

Selasa, 22 Desember 2020 - 11:03 WIB
loading...
Taktik Jitu Olly Dondokambey “Merahkan” Sulawesi Utara
Cagub Sulawesi Utara terpilih, Olly Dondokambey (kanan) dalam sebuah kegiatan. Foto/Ist
A A A
Oleh: Veldy Reynold

"To be prepared for war is one of the most effectual means of preserving peace." (George Washington)

Pilkada Serentak Sulawesi Utara digelar persis tak berapa lama setelah Pilpres Amerika Serikat digelar yang dimenangkan oleh Joe Biden dari kubu opisisi mengalahkan petahana Donald Trump yang disebut-sebut sulit dikalahkan.

Kemenangan Biden seolah menjadi amunisi kontender kontestasi Pilkada Sulut sebagai motivasi untuk mengalahkan petahana. Maka mereka pun langsung gencar melemparkan berbagai isu untuk menggerus elektabilitas Olly Steven yang diumumkan oleh LSI sebagai pemenang, sekaligus menuding lembaga survei itu hanya melakukan pencitraan untuk pemenangan Olly Steven.

Malam itu. Dalam sebuah rapat terbatas yang hanya dihadiri oleh beberapa orang saja serta pasangan Olly Dondokambey, usai mengikuti pemaparan dari lembaga survei, sang Don (Olly Dondokambey) langsung nyeletuk.

“Berarti tidak ada yang anomali. Semua sudah sesuai dengan perhitungan kita. Politik itu memang ilmu pasti,” tutur Olly Dondokambey.

Sejenak saya terdiam. Dalam benak saya dan tentu teman-teman yang lain, hampir tidak pecaya kalau hasilnya akan berselisih jauh bahkan mendekati 40% dengan lawan. Jujur kami ragu. Serangan buzzer di FB sebegitu massif dan stigma Olly tidak bisa memperjuangkan harga cengkih menjadi isu besar pasca debat kedua.

Tapi sorot mata Don yang tajam disertai ekspresi kening mengernyit ingin menegaskan bahwa dirinya tidak akan salah hitung. Bahwa Pilkada serentak baik Sulawesi Utara dan 7 Kabupaten Kota lainnya sudah dalam genggaman.

Beberapa hari kemudian, yakni tak berapa lama usai pencoblosan di tanggal 9 Desember 2020, sejumlah lembaga yang melakukan quick count langsung mengumumkan kemenangan telak dan total 7 dari 8 perhelatan politik di Sulawesi Utara (7 Kabupaten/Kota dan 1 Provinsi) langsung dimenangkan oleh PDI Perjuangan (PDIP) yang dinahkodai Olly Dondokambey.

Saya pun senyum penuh makna. You defeneatly right Don!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)