PDP Corona di Salatiga Bertambah Tiga Orang

Kamis, 16 April 2020 - 19:55 WIB
loading...
PDP Corona di Salatiga Bertambah Tiga Orang
Simulasi penanganan PDP corona di RSUD Dr Moewardi Solo, Jumat (31/1/2020). Jumlah PDP di Kota Salatiga bertambah tiga orang. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SALATIGA - Pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19) di Kota Salatiga bertambah tiga orang. Dengan adanya penambahan tersebut, maka jumlah PDP hingga Kamis (16/4/2020) menjadi enam orang.

Para pasien tersebut sekarang menjalani perawatan medis secara intensif di Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW) Kota Salatiga. Dari PDP tersebut, tiga di antaranya sudah terkonfirmasi positif corona.Penetapan positif corona terhadap tiga orang PDP tersebut, setelah dilakukan tes swab. Sedang tiga orang PDP terbaru, masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen di laboratorium.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah menjelaskan, dua orang yang baru dinyatakan PDP tersebut merupakan pasien baru. "Setelah dilakukan pemeriksaan, dua orang itu dinyatakan PDP," katanya, Kamis (16/4/2020).

Sedangkan satu orang PDP lainnya, sebelumnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan naik status menjadi PDP. Adapun riwayat pada PDP ada yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Adapun jumlah ODP yang hingga saat masih dilakukan pemantauan sebanyak 15 orang. Kemudian orang tanpa gejala (OTG) sejumlah 80 orang.

Siti Zuraidah mengingatkan kepada masyarakat agar tidak ke luar rumah, apalagi sampai berpergian hingga ke daerah lain. Sebab bahaya akibat virus corona sangatlah nyata karena terbukti telah membuat banyak orang meninggal dunia.

Meskipun sejauh ini korban meninggal di Salatiga dinyatakan negatif Covid-19, tapi warga diminta melaksanakan imbauan pemerintah. "Untuk sementara waktu jangan keluar rumah, jangan kumpul-kumpul dulu. Rajin mencuci tangan, dan memakai masker. Selalu menjaga jarak dan jika merasa ada gejala segera periksakan diri ke petugas medis," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)