Musrenbang RKPD 2021, Pendidikan dan Kesehatan Masih Prioritas di Gowa

Kamis, 16 April 2020 - 18:27 WIB
loading...
Musrenbang RKPD 2021, Pendidikan dan Kesehatan Masih Prioritas di Gowa
Pelaksanaan musrenbang RKPD 2021 Kabupaten Gowa yang dilakukan via konferensi video. Pendidikan dan kesehatan masih jadi prioritas. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa masih akan memprioritaskan bidang pendidikan dan kesehatan dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2021.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gowa, Taufik Mursad mengatakan, kebijakan untuk memprioritaskan pendidikan kesehatan demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Termasuk lanjutnya, optimalisasi pembangunan infrastruktur daerah yang terpadu dan berkelanjutan, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan penguatan ekonomi daerah.

"Hal ini masih berpatokan pada RPJMD 2016-2021 yang belum terlaksana dan agenda prioritas nasional maupun provinsi," ungkapnya, Kamis (16/4/2020).

Taufik menyebutkan, pencapaian pembangunan di wilayah Kabupaten Gowa hingga saat ini telah menunjukkan kemajuan. Misalnya pada angka kemiskinan terjadi penurunan dari tahun ke tahun.

Kemudian pada pertumbuhan ekonomi, daerah berjuluk Butta Bersejarah ini berhasil mencapai 7,46 persen atau berada di atas Sulawesi Selatan (Sulsel), yaitu 6,92 persen.

Di mana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa didominasi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 30 persen.

"Untuk target pasti akan berubah di tahun mendatang karena pandemi corona, mulai dari target PAD, pertumbuhan ekonomi dan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, perencanaan pembangunan yang dirumuskan diharapkan tidak hanya berupaya menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa mendatang.

Untuk itu kata Adnan, diperlukan kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan pembangunan yang ada di sekitar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)