IAIN Ternate Silaturahmi ke UMI, Dalami Pendidikan Moral Padanglampe

Kamis, 10 Desember 2020 - 21:12 WIB
loading...
IAIN Ternate Silaturahmi ke UMI, Dalami Pendidikan Moral Padanglampe
Petinggi UMI Makassar bersama rombongan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Kamis (10/12/2020). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) , Kamis (10/12/2020).

Rombongan IAIN Ternate dipimpin oleh Direktur Ma’had Al Jamiah IAIN Ternate, Muhammad Amir. Mereka disambut oleh Rektor UMI , Prof Basri Modding di ruang rapat senat lantai 10 menara UMI , Jalan Urip Sumohardjo.


Dalam kesempatan itu, Prof Basri Modding didampingi Wakil Rektor I Hanafi Ashad, WR II Salim Basalamah, dan WR IV Zain Irwanto.

Prof Basri Modding menyambut baik kedatangan rombongan Ma’had Al Jamiah IAIN Ternate di kampus UMI . Menurutnya, UMI dengan Maluku Utara, khususnya Kota Ternate memiliki hubungan yang cukup erat.

“Selamat datang untuk keluarga kita IAIN Ternate , UMI telah menjadikan Ternate sebagai sub sistem dalam penyelenggaraan pendidikan di UMI ,” ungkap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI itu.

“Salah satunya lewat alumni. Kebetulan banyak alumni UMI menjadi pejabat eksekutif mulai dari wali kota yang lalu dan wali kota sekarang, bahkan wakil Gubernur Maluku Utara itu adalah alumni UMI ,” sambung Prof Basri Modding.

Rombongan IAIN Ternate berkunjung untuk mengenal lebih dalam terkait pendidikan moral berupa pencerahan qalbu di Pesantren Unggulan Darul Mukhlisin UMI Padanglampe .

“Di pesantren itu ada dua poin utamanya yakni pengembangan karakter moral bagaimana memiliki etika dan perbuatan yang baik sebagai insan UMI. Kemudian karakter kerja di mana mendorong civitas akademika UMI bekerja ulet, tangguh, dan tidak mudah menyerah,” bebernya.



Sementara itu, Direktur Ma’had Al Jamiah IAIN Ternate , Muhammad Amir, mengungkapkan, salah satu problem yang ada di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) yakni ciri khas keislamannya.

“Kami dari PTKIN untuk melihat bahwa Ma’had Darul Mukhlisin UMI cukup besar bahkan terkenal di luar sebagai basis pendidikan Islam. Kami mendengar nama besarnya Darul Mukhlisin UMI Padanglampe semoga kami bisa belajar banyak dengan apa yang dicapai di Universitas Muslim Indonesia,” tuturnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)