Musrenbang Online, Pemkab Bantaeng Bahas Akselerasi 3 Program Unggulan

Kamis, 16 April 2020 - 17:22 WIB
loading...
Musrenbang Online, Pemkab Bantaeng Bahas Akselerasi 3 Program Unggulan
Bupati Bantaeng Ilham Azikin saat mengikuti musrenbang online. Foto/Istimewa
A A A
BANTAENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menggelar musyarawah rencana pembangunan atau musrenbang secara online. Kegiatan yang diinisiasi oleh Bappeda Bantaeng dilakukan tanpa tatap muka langsung seusai arahan Kemendagri melalui surat edaran dengan nomor : 440/2552/SJ tertanggal 23 Maret 2020. Musrenbang secara online dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona alias covid-19.

Dalam musrenbang online ini, dibahas akselerasi tiga program unggulan Pemkab Bantaeng. Ketiga program itu yakni program penyiapan perlengkapan sekolah bagi peserta didik baru pada setiap tahun ajaran baru; program pemberian bantuan modal dan penyiapan lapangan kerja berbasis dusun dan RW; dan program penyiapan asuransi pertanian dan nelayan serta penyediaan benih dan pupuk.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, mengatakan pihaknya tengah berupaya mengakselerasi ketiga program itu demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, tema dari Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 yang diusung yakni 'Pemantapan Infrastruktur Daerah dan Birokrasi yang Melayani'.

"Ada beberapa upaya yang akan dilakukan pada tahun ini dengan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Bantaeng terutama infrastruktur pembangunan jalan dan aksesibilitas masyarakat," katanya, Kamis (16/4/2020).

Ilham Azikin menjelaskan sumber keuangan untuk program dan kegiatan tidak hanya bersumber dari APBD Bantaeng. Sumber dana juga bisa dari APBD provinsi dan APBN.

"Melalui kesempatan ini, kami berharap Kabupaten Bantaeng mendapat dukungan dan juga dapat diberikan alokasi penganggaran untuk pelaksanaan program pembangunan. Itu mengingat kemampuan penganggaran Bantaeng cukup terbatas," ujarnya.

Legislator Gerindra, Misbahudin Basri, mengatakan segala upaya harus dilakukan pemerintah ditengah pandemi corona saat ini. Musrenbang yang dilakukan via online memang harus dilakukan agar roda pemerintahan tetap bisa berjalan dengan baik.

"Kepentingan masyarakat tetap harus berjalan, pemerintah juga harus tetap berjalan. Segala upaya harus dilakukan pemerintah agar seluruh kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi," singkatnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)