Senin, 13 April 2020 - 08:47 WIB
loading...
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Dirjenpas Kemkumham), Nugroho mengungkapkan kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting, Manado, Sulawesi Utara usai dilanda kerusuhan telah berangsur pulih. Foto iNews
A A A
JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Dirjenpas Kemkumham), Nugroho mengungkapkan kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting, Manado, Sulawesi Utara usai dilanda kerusuhan telah berangsur pulih.

"Saat ini Lapas Manado sedang dalam tahap pemulihan, baik rehabilitasi fisik bangunan maupun warga binaannya sendiri,” ujar Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/4/2020).

Nugroho menyampaikan beberapa fasilitas Lapas ada yang rusak dan terbakar, antara lain adalah Blok hunian narapidana, yaitu Blok D, Blok E dan Blok F yang diperuntukkan untuk Mapenaling (masa pengenalan lingkungan), narapidana Tipikor (tindak pidana korupsi) dan narapidana Narkoba, Poliklinik, Kantin dan Bengkel Kerja.

Sedangkan, lanjut Nugroho, Blok Hunian A, B dan C, gedung perkantoran, dapur juga ruang registrasi relatif masih dalam kondisi baik, serta perlengakapan senjata api lapas tetap terjaga dan aman.

“Alhamdulillah kondisi sudah aman dan kondusif. Saat ini tim kami dari Ditjenpas sedang
menginventarisir kerusakan dan kerugian, untuk segera dilakukan perbaikan dan rehabilitasi agar Lapas Manado dapat segera dipergunakan paling tidak seperti sebelum terjadinya kerusuhan,”ungkapnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya sedang menginventarisir kerusakan dan kerugian, untuk segera dilakukan perbaikan dan rehabilitasi. Dengan demikian, sejumlah fasilitas yang rusak dapat segera dipergunakan kembali. "Paling tidak seperti sebelum terjadinya kerusuhan," tandasnya.
(sai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)