Kerusuhan Pecah, Lapas Kelas II B Sorong Dibakar Narapidana

Rabu, 22 April 2020 - 20:53 WIB
loading...
Kerusuhan Pecah, Lapas Kelas II B Sorong Dibakar Narapidana
Sejumlah tahanan dan narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Sorong mengamuk dan membakar sengaja bagian ruangan di dalam Lapas. Foto iNews TV/Chanry AS
A A A
SORONG - Sejumlah tahanan dan narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Sorong mengamuk dan sengaja membakar bagian ruangan di dalam Lapas, Rabu (22/4/2020) sore. Aksi tersebut diduga dipicu tidak puasnya soal pembebasan napi lewat program asimilasi.

Dalam video amatir warga, terlihat sejumlah narapidana di dalam Lapas ini membakar sejumlah bagian ruangan. Mereka meminta kepada pihak Lapas agar segera dibebaskan. (Baca : Oknum Kades di Bengkulu Utara Digerebek saat Bersama WIL di Hotel)

Aparat gabungan TNI-Polri dibantu personel Brimob Polda Papua Barat diterjunkan untuk mengantisipasi meluasnya kejadian ini. Mereka juga berusaha menenangkan narapidana yang terus mengamuk dan merusak sejumlah fasilitas di dalam lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sorong, Minus Ananto mengatakan, hingga saat ini penghuni Lapas Kelas IIB Sorong berjumlah 335 orang. Pihak lapas sendiri masih berusaha menenangkan penghuninya agar kerusuhan tidak meluas.

"Narapidana tersisa saat ini 335 orang, kami masih berusaha menenangkan mereka dulu agar kejadian tidak meluas," ungkap Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sorong, Minus Ananto di lokasi kejadian, Rabu (22/4/2020) malam.

Sementara itu Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan yang berada di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya menjamin seluruh penghuni Lapas akan kembali tenang dan pihaknya akan terus melakukan penjagaan di lokasi kejadian hingga kondisi keamanan kembali normal.

"Kami jamin semuanya akan kembali tenang yah, Anggota sudah ada disini, kami melakukan langkah-langkah persuasif. Pengamanan sampai suasana benar-benar kondusif," ungkap AKBP Ary Nyoto Setiawan.

Aparat gabungan masih terus berjaga-jaga di lokasi kejadian mobil pemadam dan Water Canon sudah berada di lokasi untuk membantu memadamkan api yang terus membakar sebagian ruangan di dalam lapas.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)