Jembatan Raowa Kajang Rusak, Kadis PUPR Janji Segera Benahi

Kamis, 16 April 2020 - 15:35 WIB
loading...
Jembatan Raowa Kajang Rusak, Kadis PUPR Janji Segera Benahi
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bulukumba, Rudy Ramlan saat meninjau jembatan Raowa yang mengalami kerusakan. Foto: Sindonews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Dinas PUPR Kabupaten Bulukumba, bakal segera membenahijembatan Raowa Kecamatan Kajang, yang dilaporkan warga dalam kondisi rusak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bulukumba, Rudy Ramlan saat melakukan peninjauan langsung di lokasi usai mendapat laporan warga, Kamis, (16/04/2020.

"Dan untuk memastikan kebenaran dari Informasi tersebut, saya menghubungi Pejabat Kepala Desa Pantama Kecamatan Kajang yang baru saja dilantik untuk memastikan kebenarannya," kata Rudy Ramlan, Kamis, (16/04/2020).

Pada proses peninjauan, Rudy bersama rombongan didampingi oleh Kepala Desa Pantama, Syarifuddin. Di lokasi, ia membenarkan adanya kerusakan pada pada bagian oprit disebabkan terjadinya amblas atau penurunan badan jalan di daerah plat injak.

"Akibat terjadinya penurunan badan jalan ini, menjadi pemicu retaknya bagian bawah oprit jembatan, sehingga terjadilah longsor pada leuning jembatan tersebut," jelasnya.

"Lubang pada sisi kiri jembatan yang lebarnya sekitar 1 meter dan kedalamannya sudah mencapai 2 meter lebih sangat membahayakan bagi pengemudi, khususnya yang berkendara di malam hari," imbuh Rudy.

Kedepannya, Rudy mengaku bakal segera mengambil langkah penanganan darurat terkait dengan kondisi jembatan, hal itu untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah, serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada pengemudi kendaraan.

Diresmikan pada awal tahun 2016, Jembatan Raowa ini sendiri merupakan jalan penghubung antara Kelurahan Tanah Jaya dengan Desa Pantama. Jalur tersebut merupakan jalan alternatif bagi kendaraan berat yang berasal dari Kabupaten Sinjai dan kendaraan yang akan menuju ke Kabupaten Sinjai dan sekitarnya.

"Dalam waktu dekat, kami akan melakukan perbaikan pada bangunan oprit jembatan dan melakukan penimbunan pada lubang yang berada pada sisi Leuning jembatan tersebut," paparnya lagi.

Kerusakan jembatan ini lanjut dia, telah dilaporkan langsung ke Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali. Rudy menyebut telah mendapat perintah untuk segera mengambil tindakan pencegahan agar kerusakan yang ada tidak semakin parah.

"Kami pun meminta kepada Kepala Desa Pantama dan aparatnya agar menghimbau kepada pengguna jalan yang melintas di jembatan tersebut untuk lebih berhati-hati guna terhindar dari kecelakaan yang dikhawatirkan dapat merenggut nyawa pengemudi," pungkasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)