Rawa Pening Riwayatmu Kini...

Sabtu, 28 November 2020 - 20:40 WIB
loading...
A A A
"Karena itu, pengerukan enceng gondok secara mekanik harus dilakukan. Ini masalah yang harus segera ditangani. Selain mengancam kelestarian lingkungan, dampaknya juga sangat merugikan masyarakat dan menghambat pertumbuhan ekonomi,” ujar Supriyadi, Sabtu (28/11/2020).

(baca juga: Kerusakan Ekosistem Rawa Pening Tak Terkendali, Ikan Sulit Didapat )

Warga lain, Sanyoto, 48, mengatakan, apabila sendimentasi di Rawa Pening tidak ditangani, ke depan banjir akan menjadi bencana tahunan bagi warga yang bermukim di sekitar Rawa Pening. Imbasnya, warga akan mengalami kerugian yang nilainya tidaklah sedikit.

“Setiap musim penghujan, air Rawapening meluap hingga menggenangi ratusan hektare sawah. Akibatnya, sawah tidak bisa ditanami dan kami kehilangan mata pencaharian. Untuk menyambung hidup, warga harus mencari pekerjaan lain,” ucapnya.

Dia berharap pemerintah segera melakukan langkah penanganan yang tepat dan terpadu, agar Rawapening bisa dimanfaatkan warga untuk menopang hidup. Karena peningkatan kesejehateraan masyarakat di sekitar Rawa Pening yang sebagian besar sebagai petani sangat bergantung pada kondisi alam danau alam ini.
(end)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2603 seconds (0.1#10.140)