Wakil Bupati Jadi Orang Pertama Positif Corona di Tana Toraja

Kamis, 16 April 2020 - 14:21 WIB
loading...
Wakil Bupati Jadi Orang...
Direktur RSUD Lakipadada dr Syafari Mangopo (kanan) saat memberikan keterangan pers di Posko Media Center Satgas Covid-19 didampingi Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mari
A A A
TORAJA - Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Tana Toraja melalui media center mengumumkan secara resmi Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara positif terpapar virus corona.

"Wakil Bupati Tana Toraja, kasus pertama terpapar Covid-19 di wilayah kabupaten Tana Toraja," ujar Direktur RSUD Lakipadada dr Syafari Mangopo saat memberikan keterangan pers Posko Media Center Satgas Covid-19 di dampingi Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariana Belo, Kamis, (16/4/2020).

Syafari mengatakan, Wakil Bupati Tana Toraja yang terkonfirmasi positif terpapar virus Covid-19, atas pertimbangan medis telah dilakukan isolasi di ruang isolasi RSUD Lakipadada. Kondisi Wakil Bupati Tana Toraja saat ini dalam kondisi baik dan bugar.

"Kita berharap do'a dan dukungan semua masyarakat Tana Toraja semoga Bapak Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara dapat melalui masa-masa penyembuhan secepatnya," ujar Syafari.

Sejauh ini, kata Syafari, tim medis Satgas Penanganan Covid-19 Tana Toraja telah melakukan rapid test terhadap 419 orang yang dianggap prioritas. Yakni, Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Forkopimda, tenaga kesehatan, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG), dan anggota satgas Covid-19 Tana Toraja.

Dari 419 orang yang sudah menjalani rapit test diketahui ada 8 orang positif Rapid Test. Satu orang yakni Wakil Bupati Tana Toraja positif Terpapar virus Covid-19. Sementara, tujuh orang lainnya yang positif rapid test, ditindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR Swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Tujuh orang lainnya yang dinyatakan positif Rapid Test telah diminta untuk isolasi mandiri di rumah dan tetap dipantau kesehatannya oleh Tim Dokter sambil menunggu hasil pemeriksaan PCR Swab," kata Syafari.

Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tetap menjaga pola hidup sehat dan tetap taat terhadap himbauan Pemerintah.
(agn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)