KPU Sulut Terima Surat Suara Tahap 2 dan Siap Didistribusikan

loading...
KPU Sulut Terima Surat Suara Tahap 2 dan Siap Didistribusikan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), menerima logistik surat suara untuk Pilkada 2020 yang dikirimkan oleh perusahan jasa melalui laut dan tiba di pelabuhan Samudera Bitung, Sabtu (21/11/2020). Okezone/Subhan
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU)Sulawesi Utara(Sulut), menerima logistik surat suara untuk Pilkada 2020 yang dikirimkan oleh perusahan jasa melalui laut dan tiba di pelabuhan Samudera Bitung, Sabtu (21/11/2020).

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan karena logistik surat suaraditerima dalam satu konteiner, maka pihaknya masih harus memilah terlebih dahulu untuk dipindahkan ke kendaraan-kendaraan yang lebih kecil untuk didistribusikan ke Kabupaten Kota.

"Ini adalah surat suara di 12 kabupaten kota yang ada di wilayah darat, karena untuk kepulauan sudah kita kirimkan terlebih dahulu, kita prioritaskan terlebih dahulu untuk tiga kepulauan, itu sudah dikirimkan dan saat ini sudah selesai disortir dan dilipat," jelas Ardiles

Untuk pengiriman surat suara tahap ke dua menurutnya untuk wilayah daratan yang ada di sulut dan semua kebutuhan surat suara sudah terpenuhi sebagaimana yang dibutuhkan dalam pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati dan wali kota.



"Untuk jumlah ini sisa daripada yang kita kirimkan kemarin. Kalau untuk pilgub tentu sesuai dengan kebutuhan daftar pemilih tetap ditambah dua setengah persen, begitu juga dikabupaten kota," kata Ardiles. (Baca: Tragis, Zidan Tewas Usai Terjatuh ke Parit Saat Mandi Hujan).

Lebih lanjut Ardiles mengatakan bahwa untuk menyortir dan memilah kertas surat suara nanti dilakukan di masing-masing kabutaten kota, baru kemudian diketahui kalau ada yang rusak atau kurang.

"Kita memang targetnya sesuai dengan kesepakatan awal dengan pihak penyedia itu tanggal 22 November paling lambat sudah ada di kabupaten kota, dan ini saya kira masih dalam batas waktu yang kita tentukan," terang Ardiles. (Baca: Dinilai Menghina Ketua PWI, Tokoh Partai Golkar Lampung Bakal Dipolisikan).



Pihak TNI-Polri sendiri menurut Ardiles mulai dari proses produksi, percetakan, distribusi sampai tiba di kabupaten kota, disortir, dilipat, kemudian dipacking dengan kotak suara sampai di TPS itu semua dengan pengawalan ketat dari TNI-Polri. "Kita mengapresiasi pihak TNI-Polri yang sangat all out untuk mengamankan logistik," pungkas Ardiles.
(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top