Unik, Bangunan Balai Desa Mirip Istana Negara Jadi Lokasi Wisata

Jum'at, 20 November 2020 - 14:13 WIB
loading...
Unik, Bangunan Balai Desa Mirip Istana Negara Jadi Lokasi Wisata
Unik, Bangunan Balai Desa Mirip Istana Negara Jadi Lokasi Wisata. Foto/SINDOnews/Ahmad Subekhi
A A A
PACITAN - Sebuah bangunan balai desa di Pacitan, Jawa Timur, dibangun mirip dengan Istana Merdeka di Jakarta lengkap dengan tangga, tiang penyangga dan lambang negara di atas atap. Hanya ukurannya saja yang lebih kecil.

Keunikan bangunan tersebut menjadikan lokasi bangunan kantor Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur .

Secara visual, balai desa itu dibuat mirip gedung Istana Merdeka di Jakarta. Pada bagian depan terpancang enam tiang beton serta di kanan kirinya terdapat bangunan kecil. Bahkan di atas bagian gedung terdapat lambang Burung Garuda serta bendera merah putih.

Bangunan berdiri di atas lahan seluas 12x35 meter persegi ini didesain semirip mungkin dengan Istana Merdeka. Terdapat 17 anak tangga untuk memasuki bangian tersebut.

Unik, Bangunan Balai Desa Mirip Istana Negara Jadi Lokasi Wisata


Adapun aktifitas kantor desa melayani surat menyurat dan kegiatan pemerintah desa lainnya. Karena keunikannya, bangunan tersebut menjadi lokasi wisata terutama saat hari minggu dan hari libur. (Baca juga: Sudah Enam Kepala Daerah di Pulau Jawa Terinfeksi COVID-19)

Banyak warga berdatangan untuk sekedar bersua foto atau untuk foto pernikahan. Bangunan didirikan tahun 2015 dengan biaya sekitar hampir Rp200 juta yang berasal dari alokasi dana desa dan swadaya masyarakat. (Baca juga: Di Tengah Pandemi COVID-19, Pakuwon Group Resmikan Mal Baru)

"Pemerintah desa dan warga antusias membangun gedung ini karena Desa Dadapan awalnya identik dengan desa pelosok yang tertinggal. Agar bisa muncul dan sejajar dengan desa lain pemerintah desa membangun bangunan tersebut. Bahkan, bangunan itu menjadi ikon Desa Dadapan," tutur Kepala Deza Dadapan Ismono.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)