9 Santri Kembali Positif COVID-19, Per Hari Ini di Blitar Tembus 991 Kasus

Kamis, 19 November 2020 - 18:17 WIB
loading...
9 Santri Kembali Positif COVID-19, Per Hari Ini di Blitar Tembus 991 Kasus
ilustrasi
A A A
BLITAR - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar dari klaster Pondok Pesantren di wilayah Kecamatan Wonodadi terus bertambah. Setelah sebelumnya 10 santri dinyatakan positif, pada Kamis ini (19/11) sembilan santri juga menyusul terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada tambahan sembilan santri terkonfirmasi positif," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti dalam keterangan rilisnya Kamis (19/11/2020). Sama dengan sebelumnya. Sembilan santri tersebut merupakan warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Wonodadi.(Baca juga: Pasutri di Mojokerto Luka Parah Dicacah Celurit Orang Misterius )

Hasil swab test menyatakan mereka terkonfirmasi positif COVID-19. Uji swab test dilakukan di BBLK Surabaya dan RSUD Srengat. Seperti yang lain, semuanya diisolasi di lingkungan ponpes. Kondisi tanpa gejala menjadi pertimbangan petugas tidak memulangkan karena khawatir terjadi transmisi lokal (penularan).

"Semuanya menjalani isolasi mandiri di ponpes," tambah Krisna Yekti. Sampai saat ini petugas masih melakukan tracing yang ditindaklanjuti dengan rapid test dan swab test. Sementara pada hari yang sama ada tambahan empat kasus positif baru COVID-19 lain.

Keempatnya merupakan warga Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan dan Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon. Tiga kasus yang berasal dari Desa Tuliskriyo merupakan klaster keluarga. Mereka terpapar dari salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia akibat COVID-19. (Baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Khofifah dan Forkopimda Jatim Khotmil Qur'an )

"Ketiganya diisolasi di gedung LEC Garum," pungkas Krisna Yekti. Tercatat hingga 19 November, jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar mencapai 991 kasus. Perinciannya, sebanyak 854 orang sembuh, 76 orang meninggal dunia, 28 orang menjalani perawatan rumah sakit dan selebihnya diisolasi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)