Sejumlah Titik Jalan Rawan Longsor di Muba Butuh Penanganan

loading...
Sejumlah Titik Jalan Rawan Longsor di Muba Butuh Penanganan
Sejumlah Titik Jalan Rawan Longsor di Muba Butuh Penanganan. Foto/Ist
PALEMBANG - Sejumlah ruas jalan nasional di sepanjang ruas Sekayu - Betung - Mangunjaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumsel,membutuhkan penanganan segera menyusul longsor yang kerap terjadi.

Jalan disepanjang ruas tersebut terbilang rawan longsor karena berada pada sisi sungai. PPK I.3 PJN I Sumsel, Endi Abdel Rozza mengatakan, terdapat empat titik di sepanjang ruas Betung - Sekayu dan Sekayu - Mangunjaya yang rawan longsor.

Dari empat titik tersebut, ada tiga titik lokasi pengerjaan yang terletak di Km 103, Km 110 dan Km 131. Sementara satu titik longsor yang dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII terletak di Km 102.

Endi mengatakan, titik longsor yang cukup parah berada di Km 110+100 dan Km 131+200 dengan kondisi separuh badan jalan yang ambruk ke bagian sungai.



Untuk penanganan darurat, sementara ini pihaknya telah menginstruksikan kontraktor untuk memasang rambu.

"Longsor disana terjadi sejak akhir Oktober lalu. Sementara ini, kami lakukan langkah pengamanan dengan memasang rambu dan koordinasi dengan Pemkab. Saat ini kami coba usulkan untuk dapat ditangani dengan dana tanggap bencana sebagai antisipasi jika anggaran reguler pada tahun depan tidak mencukupi," ujar Endi, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, kondisi struktur tanah disepanjang sisi sungai relatif tidak stabil. Akibatnya, perbaikan yang dilakukan beberapa kali tidak bergitu optimal.



"Kita sudah minta kontraktor untuk menutup dan memperbaiki jalan tersebut. Saya rasa tidak ada alasan untuk tidak memperbaiki. Kalaupun belum sempat diperbaiki wajib memasang rambu-rambu peringatan biar masyarakat mengetahui bahwa jalan tersebut berlobang,” jelasnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top