Akhyar Nasution Rancang Medan Utara Jadi Kota Wisata

Sabtu, 07 November 2020 - 18:42 WIB
loading...
Akhyar Nasution Rancang Medan Utara Jadi Kota Wisata
Calon Wali Kota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution mengaku siap menerapkan grand desain utara Medan seperti yang digagas Badko PMPT Sumatera Utara. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
MEDAN - Calon Wali Kota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution mengaku siap menerapkan grand desain utara Medan seperti yang digagas Badan Koordinasi (Badko) Pembangunan Masyarakat Pantai Timur (PMPT) Sumut.

Konsep yang digagas Badko PMPT Sumut sama dengan pemikirannya dan harapan warga khususnya di Medan Utara. "Jika saya diamanahkan memimpin Kota Medan, ada rencana pengembangan pesisir menjadi daerah yang menghasilkan. Seperti kemarin kita ke Taman Sakura, di taman ini ada potensi pengembangan ekonomi terutama dari budidaya mangrove dan kerang. Jadi tak hanya wisata, tapi sisi lain dalam mendongkrak ekonomi lewat budidaya," kata Akhyar, Sabtu (7/11/2020). (Baca juga: Debat Pilkada Medan, Paslon Akhyar-Salman Tuai Banyak Komentar Netizen)

Akhyar juga berbicara soal pengadaan rumah ikan. Menurutnya, nelayan tak harus melaut berhari-hari, tapi bisa memanfaatkan budi daya ikan lewat program rumah ikan. "Pembiayaannya bisa dibuat kerja samanya. Pemerintah bisa memberi bantuan, tapi dibuat kelompoknya. Melaut tetap melaut tapi ada tambahan lewat budidaya ikan dan kerang," ujarnya. (Baca juga: Akhyar Nasution: UMKM di Medan Berkembang, saat Pandemi Kebanjiran Order Masker hingga ke Batam)

Di sisi lain, Akhyar berbicara mengenai konsep di utara Medan, salah satunya penanggulangan banjir rob. "Banjir rob ini sudah pernah saya diskusikan juga dengan Pak Budi D Sinulingga. Akhyar, kau enggak bisa melawan Tuhan, kau yang harus ngalah. Jadi di pantai itu konsepnya memang rumah panggung," jelasnya.

Maka dari itu, Akhyar menyampaikan, dia akan melakukan revisi mengenai pembangunan di Kota Medan. Wilayah pesisir atau pemukiman tepi pantai, harus mengikuti karakteristik dari kearifan lokal, karena itu memang jalan keluar dalam penanggulangan banjir rob.

"Saya dan warga serta tokoh-tokoh yang tergabung dengan Badko PMPT Sumut memiliki visi dan misi yang sama, mimpi ini harus sama-sama kita wujudkan dalam pembangunan Medan bagian Utara," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)