Hasilkan 1,1 Miliar USD, Industri Game Indonesia Tantang Developer Lokal

Sabtu, 07 November 2020 - 12:17 WIB
loading...
Hasilkan 1,1 Miliar USD, Industri Game Indonesia Tantang Developer Lokal
Prospek industri game di Indonesia dikupas dalam acara i360 on Gaming: Unleashing Indonesia’s Potentials yang digelar secara daring, Jumat (6/11/2020). SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Industri game yang kini tumbuh subur menjadi ceruk baru bagi para game developer lokal untuk bersaing dengan developer-developer global dalam menguasai pangsa pasar industri game di Indonesia.

Hal itu seiring pergeseran game dalam beberapa tahun terakhir, dari yang hanya sekedar permainan untuk menghabiskan waktu, menjadi industri yang tumbuh subur di dunia. Dengan populasinya yang mencapai 267 juta jiwa, Indonesia sebagai market terbesar industri game mampu menghasilkan 1,1 miliar USD selama tahun 2019.

"Indonesia menghasilkan 1,1 miliar dollar dari gaming industri. Mengalami pertumbuhan 8-9% per tahun, gaming industry memperlihatkan prospek yang sangat menjanjikan," ujar Agustiadi Lee, Program Director Innovation Factory. (Baca juga: Industri Game Asal Indonesia Rambah Bisnis Internasional )

Menanggapi tantangan itu, kata Agustiadi, Innovation Factory sebagai Innovation dan Technology Hub Indonesia menggelar "i360 on Gaming: Unleashing Indonesia’s Potentials" secara daring, Jumat (6/11/2020) sebagai edisi ketiga dari program i360 yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019.

Event itu melibatkan keseluruhan value chain dari upstream, midstream, dan downstream dari industri gaming, yang terdiri atas developer dan publisher game , tim esports, investor, dan sektor swasta dari 5 negara yang mengupas pandangan yang esensial dalam industri game."Dengan pertumbuhan pesat industri game saat ini, khususnya di tengah kondisi pandemi, kami percaya bahwa industri game akan menjadi salah satu pemenang dalam beberapa tahunke depan," kata Agustiadi.

Dalam paparannya saat membuka i360 on Gaming, Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan, sebagai market industri game terbesar, Indonesia masih perlu mengejar ketertinggalan dari China,Vietnam, dan Thailand.

Dia menyebutkan, jumlah investasi yang dikucurkan untuk industri game adalah faktor penting yang mendefinisikan pertumbuhan industri itu sendiri. "Dalam hal dukungan pemerintah, gaming industry di Indonesia masih memerlukan dukungan dari pemerintah untuk dapat tumbuh, terutama dalam hal penyediaan akses," katanya.(Baca juga: Klee, Karakter Bintang Lima Baru di Genshin Impact )

Menurutnya, banyak game developer lokal yang tidak memiliki akses untuk menjual produk mereka ke pasar global. Oleh karenanya, pemerintah dapat memberikan dukungan kepada mereka untuk menunjukkan produk mereka dalam skala internasional."Salah satu cara untuk mendukung ekosistem gaming di Indonesia perlu dimulai dari penyediaan infrastruktur gaming yang lebih memadai, budaya yang lebih baik, hardware yang lebih mumpuni, dan jaringan internet lebih cepat," paparnya.

Dengan dukungan tersebut, kata Cipto, semua elemen dalam industri game, mulai dari developer, investor, publisher, hingga esports dapat bekerja bersama dan berkolaborasi dengan lebih baik dan mempersiapkan diri untuk masuk ke pasar game global.

PR and Community Manager of Another Indie Vladyslav Tsypljak mengatakan, untuk mendorong game developer lokal masuk ke pasar global, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mulai memperluas jaringan ke publisher game internasional. "Publisher internasional memiliki akses pasar yang lebih luas sehingga dia adalah pihak yang paling potensial yang dapat membantu developer lokal memperluas jangkauan pasarnya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)