Seniman Surabaya Ingin Perubahan, Siap Menangkan Machfud Arifin-Mujiaman

Kamis, 05 November 2020 - 19:55 WIB
loading...
Seniman Surabaya Ingin Perubahan, Siap Menangkan Machfud Arifin-Mujiaman
Machfud Arifin bersama seniman di Surabaya, Kamis (5/11/2020). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Dukungan untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya , Machfud Arifin - Mujiaman terus mengalir. Salah satunya datang dari kalangan seniman Kota Surabaya . (Baca juga: Purnawirawan Brimob Ingin Kota Surabaya Dipimpin Polisi )

Ribuan seniman yang tergabung dalam Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri) mendeklarasikan dukungannya untuk paslon nomor urut 2 tersebut.

Ketua DPD Pappri Jatim, Sastra Harijanto Tjondrokusumo menilai, sosok Machfud Arifin (MA) yang merupakan pensiunan bitang dua korps baret ungu sudah teruji kualitasnya. Selama memimpin di Polri, Machfud Arifin membuktikan mampu membuat banyak perubahan. "Kalau ada pilihan seperti ini kenapa disiasiakan," katanya.

Kata Harijanto, Cak Machfud Arifin juga sudah menyatakan komitmennya untuk menggairahkan geliat kesenian di Kota Surabaya . Hal itulah yang menjadi alasan kuat para pelaku seni siap memenangkan paslon nomor urut 2 pada Pilkada Surabaya . (Baca juga: Habib Rhizieq Pulang Kampung, MUI Jabar: Silakan Dijemput Baik-baik )

"Belakangan ini nasib para seniman di Kota Surabaya semakin tidak jelas. Banyak ruang-ruang yang selama ini menjadi elatalase kebudayaan khas Surabaya terlidas. Seperti Taman Hiburan Remaja (THR) misalnya, di sana merupakan kantong para pelaku seni tradisi Ludruk. Namun saat ini nafas itu sudah sirna begitu saja tanpa ada kejelasan," ungkapnya.



Menurutnya, banyak potensi-potensi kesenian di Surabaya yang sebenarnya bisa dikembangkan. Hanya saja, selama ini disia-siakan oleh Pemkot Surabaya . Dia berharap Surabaya kembali menjadi ikon seniman. (Baca juga: Status Merapi Siaga, Ganjar Minta Warga Tidak Panik )

"Mudah-mudahan dengan adanya perubahan . Tempat pnmenjadi ikon seniman di Surabaya seperti THR, dan Taman Remaja ini dapat dihidupkan kembali tempat kratifitas para seniman Surabaya . Harapan kami seniman bisa bernafas lebih lega dan diberikan kesempatan berkreasi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Calon Wali Kota Surabaya nomor 2, Machfud Arifin mengatakan, sesuai tagline yang diusung Machfud Arifin-Mujiaman "Maju Kotane Makmur Wargane". " Jika seniman bisa kerja dan berkreasi, kan bisa memberikan kemakmuran untuk para seniman," katanya.

Machfud Arifin juga menegaskan, ke depan akan kembali menghidupkan dan mengembangkan tempat-tempat ikon seniman yang selama ini mati suri. (Baca juga: Merapi Siaga, Truk Penambang Pasir Dilarang Lewat Jalur Evakuasi )

"Ke depan kita akan mennyediakan tempat dan ruang untuk rapa seniman untuk berkreasi. bangun kemabali THR untuk para seniman Surabaya . Kota itu harus ada senimannya, harus ada seninya. Kalau kota tanpa seniman itu hambar, seperti hidup tanpa cinta," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)