Terdampak Pandemi, 27.191 KK di Kebumen Terima BST Rp600 Ribu Per Bulan

Jum'at, 08 Mei 2020 - 22:45 WIB
loading...
Terdampak Pandemi, 27.191 KK di Kebumen Terima BST Rp600 Ribu Per Bulan
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Kepala Kantor Pos Kebumen, Wendi Nugroho dan warga penerima BST, saat menghadiri penyaluran bantuan di Kantor Pos Kebumen. Foto/Ist
A A A
KEBUMEN - Sebanyak 27.191 Kepala Keluarga (KK) di Kebumen, Jawa Tengah, menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial senilai Rp600 ribu setiap bulan selama 3 bulan. Bantuan tunai yang disalurkan oleh Kantor Pos Kebumen, mulai Jumat (8/5) diperuntukan bagi warga terdampak wabah COVID-19.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menjelaskan, setiap penerima bantuan menerima Rp600.000 setiap bulan selama tiga bulan. Untuk Kecamatan Kebumen sendiri jumlah cukup banyak sebanyak 3.000-an penerima lebih yang disalurkan selama empat hari.

Bupati berharap bantuan dari pemerintah pusat itu bermanfaat bagi penerima manfaat yang terimbas wabah COVID-19. Apalagi, saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Berhemat-hematlah dalam menerima bantuan ini dan tidak untuk foya-foya,” tegas Yazid Mahfudz saat menghadiri penyaluran bantuan di Kantor Pos Kebumen, Jumat (8/5/2020).

Yazid memastikan, meski penerimaan BST dilakukan secara manual, namun pembagian tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak. Selain itu, warga juga diwajibkan menggunakan masker dan cuci tangan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

“Proses pencairan bantuan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi corona. Yakni dibuat berjarak, sehingga masyarakat tetap aman,” kata bupati.

Selain BTS, Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat Kebumen sudah mulai turun termasuk sembako reguler. Sedangkan BST sendiri untuk puluhan ribu warga Kebumen mulai disalurkan. Salah satunya melalui Kantor Pos Kebumen untuk 21.736 keluarga penerima bantuan.

BST dari Kemensos, data penerima berasal dari Pemerintah Pusat sehingga bukan ditentukan Pemerintah Daerah, apalagi Desa. Bagi masyarakat yang belum menerima, pihaknya akan mengupayakan melalui program lain seperti BLT Dana Desa. Akan tetapi proses pencairan bantuan akan berbeda waktunya."Semoga bantuan ini bisa bermanfaat," ujarnya.

Kepala Kantor Pos Kebumen, Wendi Nugroho menjelaskan, dari 27.191 penerima bantuan, Kantor Pos di Kebumen menyalurkan 21.736 penerima. Sisanya disalurkan melalui Bank Himbara yang tersebar di empat bank, yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI.“Bantuan ini harus disalurkan maksimal hanya lima hari. Setelah itu baru disalurkan door to door ke rumah-rumah penerima,” terangnya.

Wendi mengungkapkan, BST yang disalurkan kali merupakan bantuan tahap pertama untuk April yang dibayarkan pada Mei. Mulai Sabtu (9/5/2020) akan disalurkan di 22 Kantor Pos yang ada di Kebumen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)