Dampak Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Muba Terkepung Banjir

loading...
Dampak Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Muba Terkepung Banjir
Banjir akibat meluapnya dua sungai merendam permukiman warga di Desa Tebing Bulang, Kecamatan Sungai Keruh, Muba. Foto/INESWTv/Edi Lestari
MUSI BANYUASIN - Ratusan rumah di Desa Tebing Bulang, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan terkepung banjir.

Akibat tingginya intensitas hujan dalam satu pekan terakhir membuat Sungai Jenih dan Sungai Dua meluap dan banjir menerjang pemukiman warga. (BACA JUGA:Hendak Kabur ke Bangka, 3 Pembacok 2 Mahasiswa di Kambang Iwak Dibekuk)

Ketinggian banjir saat ini bervariasi, namun sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. Rata-rata tinggi muka air (TMA) banjir berkisar antara 30-80 sentimeter (cm). (BACA JUGA:Tragis, 11 Pekerja Tambang Rakyat Tewas Tertimbun Longsor)

Sebanyak 185 rumah warga di Desa Tebing Bulang terdampak banjir. Dua kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi. (BACA JUGA:Pamit Nonton Organ Tunggal, Hamzah Ditemukan Tewas)



Tim gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muba, Dinsos Muba, Camat Sungai Keruh, TNI, dan Polri turun ke lokasi banjir.

Mereka menyalurkan bantuan sembako untuk warga terdampak banjir, yakni beras, mi instan, susu, dan lauk siap saji.

Menurut Uci, warga Desa Tebing Bulang, banjir ini peristiwa tahunan. Air banjir akan surut dalam waktu dua sampai tiga hari. "Ketinggian air merendam akses jalan desa berkisar 30-80 cm," kata Uci.



Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya mengatakan, bantuan yang disalurkan ini diharapkan dapat meringankan beban warga terdampak banjir.

"Warga diimbau waspada. Karena, cuaca ekstrem diperkirakan akan berlansung hingga satu pekan ke depan. Polres Muba bersama tim gabungan terus melakukan pemantauan di sejumlah desa yang rawan terkena banjir tahunan ini," kata Kapolres.
(awd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top