Ratusan Bintara dan Tamtama Remaja Resmi Sandang Baret Ungu

Senin, 19 Oktober 2020 - 21:42 WIB
loading...
Ratusan Bintara dan Tamtama Remaja Resmi Sandang Baret Ungu
Upacara Pembaretan di Pantai Baruna, Kondang Iwak, Malang Selatan, Senin (19/10/2020). Foto: SINDONews/Ali Masduki
A A A
MALANG - Sebanyak 75 Bintara Remaja dan 270 Tamtama Remaja Korps Marinir TNI AL Angkatan XXXIX/2 tahun 2020 resmi menyandang Baret Ungu.

Bintara dan Tamtama Remaja tersebut resmi menyandang Baret Ungu Korps Marinir, setelah disematkannya baret pada Upacara Pembaretan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, di Pantai Baruna, Kondang Iwak, Malang Selatan, Senin (19/10/2020).

Upacara tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan penghormatan kepada Pataka Korps Marinir dan pembacaan Surat Keputusan Dankormar.(Baca juga : Ustaz Abdul Somad Coba Senjata di Markas Marinir, Netizen: Enemy Down! )


Selanjutnya prosesi Pemakaian Baret Korps Marinir dengan diperdengarkan pidato Presiden Soekarno pada saat penganugerahan Panji kepada Korps Komando AL. Pembacaan Surat Pesan Terakhir Prajurit KKO AL Usman Dan Harun, Pemakaian baret oleh Inspektur Upacara, pengucapan Janji Prajurit Korps Marinir oleh seluruh prajurit Korps Marinir, menyanyikan Hymne Marinir, amanat Inspektur Upacara serta pembacaan Doa.

Pada acara yang tetap melaksanakan protokol kesehatan ini, Dankormar selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Upacara Penyematan Baret Ungu merupakan bagian dari implementasi pembinaan Korps Marinir dari aspek kultural, pembinaan tradisi yang menjunjung nilai-nilai luhur, pembinaan karakter penanaman rasa kebanggaan, dan kehormatan diri serta kecintaan kepada Korps Marinir

Dankormar berpesan, para Bintara Remaja dan Tamtama Remaja harus mulai menumbuhkan dan memupuk kesadaran di dalam sanubari, bahwa semua adalah Prajurit Korps Marinir yang profesional, berjiwa kesatria, prajurit petarung yang handal dan unggul disetiap penugasan, berwawasan modern, religius, dan humanis serta senantiasa siap tampil sebagai garda terdepan dalam membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kesadaran ini akan menuntun kalian disetiap langkah pengabdian dimanapun bertugas," tegas Dankormar dalam amanatnya.(Baca juga : Viral, Ustaz Abdul Somad Dikawal Ketat TNI saat Berdakwah di Lampung )

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, Pejabat Utama Mako Kormar, Danlanmar Jakarta Kolonel Marinir Marsono, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Idi Rizaldi, Dankolatmar Kolonel Mar Suliono, Pejabat Utama Pasmar 2, Kadepmar AAL Kolonel Marinir Teddy Yulianda Bakri, Asops Gartap III Kolonel Marinir Joni Sulistiawan, Dankolak Pasmar 2 dan Dansatlak Pasmar 2, serta Forkopimda Kabupaten Malang.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.6033 seconds (0.1#10.140)