Pengamat Sebut Peluang Kotak Kosong Menang di Pilkada 2020 Terbuka

Senin, 12 Oktober 2020 - 09:53 WIB
loading...
Pengamat Sebut Peluang Kotak Kosong Menang di Pilkada 2020 Terbuka
ilustrasi
A A A
SEMARANG - Banyaknya kotak kosong dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 memunculkan pertanyaan publik, bagaimana jika kotak kosong mampu mengalahkan pasangan calon.

Pengamat kebijakan publik, Pudjo Rahayu Risan mengatakan, walaupun kemungkinan kotak kosong menang itu kecil, namun kemungkinan menang tetap terbuka. Karena hakiki pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia hasilnya unpredictable.

“Siapapun tidak bisa memastikan hasil pilkada sebelum pilkada berakhir,” kata Pudjo, Senin (12/10/2020). (Baca juga: Moeldoko-Ganjar Dinilai Bikin Gaduh Tuding RS COVIDkan Pasien )

Sebagai informasi, data KPU tentang calon tunggal untuk Pilkada 2020 sampai batas akhir 13 September 2020 jumlah daerah yang terdapat calon tunggal sebanyak 25 kabupaten dan kota. Enam diantaranya di Jawa Tengah, dari 21 daerah yang melaksanakan Pilkada 2020. Yakni Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Grobogan, Kebumen, Sragen dan Wonosobo. Secara nasional calon tunggal di Jawa Tengah terbanyak.

Pudjo mencontohkan, kemenangan kotak kosong pernah terjadi pada Pilkada tahun 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan. Tetapi kemenangan kotak kosong di Makassar ada catatan yang menarik dimana petahana Ramdhan Pomanto berpasangan dengan Indira Mulyasari dinyatakan gugur.

Pasangan petahana ini antara lain dinyatakan menyalahgunakan wewenang dalam proses pencalonan. Akhirnya pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi harus melawan kotak kosong.

(Baca juga: Tuntut Pembebasan, Mahasiswa Semarang Gelar Aksi di Obyek Wisata )

“Hasilnya kita semua tahu, yang unggul adalah kotak kosong. Ada asumsi bahwa kemenangan kotak kosong di Makassar tersebut ditengarai pendukung Pomanto sang petahana yang gagal ikut kontestasi mereka memilih kotak kosong,” ungkapnya.

Menurutnya, hasil secara empiris dan faktual pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi kalah dari kotak kosong. Tak salah ketika publik berasumsi bahwa kotak kosong itu sejatinya pasangan petahana Ramdhan Pomanto berpasangan dengan Indira Mulyasari.

“Sedangkan fenomena sekarang yang terjadi sebagian besar kotak kosong harus melawan petahana. Poinnya adalah petahana maju lagi tanpa ada lawan,” ujar Pudjo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)