OPM Gunakan Tameng Hidup Warga Sipil saat Serang Pos Koramil Hitadipa Papua

Minggu, 11 Oktober 2020 - 20:40 WIB
loading...
OPM Gunakan Tameng Hidup Warga Sipil saat Serang Pos Koramil Hitadipa Papua
KKSB yang kerap mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB), Organisasi Papua Merdeka (OPM), menggunakan tameng hidup warga sipil saat menyerang Pos Koramil Hitadipa. Foto Ist
A A A
SUGAPA - Pos Koramil Hitadipa, Sugapa, Intan Jaya, Papua menjadi sasaran serangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang kerap mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB), Organisasi Papua Merdeka (OPM) , Minggu (11/10/2020). Akibat serangan tersebut anggota Satgas TNI yang berjaga di Pos Persiapan Koramil Hitadipa membalas tembakan dari TPN-PB OPM.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kol Czi IGN Suriastawa membenarkan adanya penembakan tersebut.

"Semakin jelas kebejatan KKSB, dalam melakukan setisp aksi terornya selalu menggunakan masyarakat Papua sebagai tameng hidupnya. Hari ini sekitar Pukul 13.00 WIT, KKSB memberikan tembakan ke arah Pos Koramil Hitadipa, terlihat jelas melalui teropong SPR-2 ada beberapa orang masyarakat di bawah tekanan KKSB harus tunduk pada perintahnya untuk ikut bergerak mendekati posisi Koramil," kata Kol Czi IGN Suriastawa dalam pernyataan tertulisnya kepada SINDOnews.

Harapannya, kata Kol Czi IGN Suriastawa, bila ada korban maka TNI akan diberitakan menembak masyarakat. (Baca: Pos Koramil Hitadipa Papua Diserang OPM, Baku Tembak Kembali Pecah)

"Melihat situasi tersebut TNI hanya beri perintah tembakan peringatan berupa tembakan siraman (tembakan tidak terbidik) dengan harapan masyarakat yang di bawah tekanan KKSB tersebut menjauh dari lokasi tersebut sehingga akan terlihat jelas mana KKSB dan mana masyarakat," timpalnya.

Sampai Pukul 15.30 WIT, lanjut Kol Czi IGN Suriastawa, tidak terdengar lagi suara tembakan dari pihak KKSB yang berada di ketinggian Kampung Balamay. Serta masyarakat yang di bawah tekanan KKSB tersebut juga bergerak menjauh dari Koramil tersebut. (Bisa diklik: Pemuda di Kendari Kritisi Calon Kepala Daerah Beridentitas Ganda)

"Akibat kejadian tidak ada mengalami kerugian personel, dengan kejadian ini kita mengharapkan agar KKSB menghentikan metode tameng hidupnya dalam melakukan aksinya. Koramil Hitadipa disiapkan untuk membantu percepatan pembangunan bila KKSB terus mengganggu ketertiban dan keamanan di Hitadipa secara tidak langsung akan menghambat kemajuan masyarakat di wilayah tersebut karena harus selalu siaga untuk mangantisipasi aksi gangguan susulan KKSB," ungkap Kol Czi IGN Suriastawa.

Sebelumnya Pos pasukan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma di Koteka, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua juga diserang oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sabtu pagi (10/10/2020)
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)