Pentingnya Mengingat Lima Rukun Islam

Minggu, 04 Oktober 2020 - 09:18 WIB
loading...
Pentingnya Mengingat Lima Rukun Islam
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Islam bisa diibaratkan sebagai sebuah bangunan yang kokoh yang terdiri dari 5 pilar yang menyangganya.

Layaknya bangunan dengan pilar, apabila satu pilar tidak kuat menopang, maka tentunya hal ini akan mempengaruhi pilar lainnya dan juga mengganggu keutuhan bangunan. Seperti itulah Islam dan juga 5 rukun Islam di dalamnya.

Founder sekaligus Owner hasana.id, Arrazi Ibrahim dalam pesannya yang dikirim mengatakan, menghapal 5 rukun Islam memang tidak sulit. syahadat, shalat, zakat, puasa, dan Haji. Ya, mengingatnya mudah saja. Namun, sudahkah meresapi apa yang terdapat di dalam 5 rukun islam itu?

"Jika belum, mari kita bahas bersama-sama untuk saling mengingatkan baik untuk pembaca maupun untuk kami dari hasana.id ," kata dia.

Pertama Syahadat, ini adalah pernyataan yang tulus dari seorang muslim bahwa Allah SWT adalah Tuhan semesta alam dan tidak ada Tuhan selain Dia dan bahwa Muhammad SAW adalah nabi utusan Allah yang terakhir dimana ajarannya akan bertahan hingga akhir jaman. (BACA JUGA: Kisah Rasulullah dan Pengemis, Sebuah Motivasi Bagi yang Malas Bekerja)

Kedua, Shalat, mendirikan bukan sekedar melaksanakan sholat 5 waktu sehari dengan khusyu’ dan maksimal.
Ketiga, Zakat, Memberikan sebagian kecil dari rizki yang kita terima secara rutin (zakat mal) dan juga setiap menjelang Idul Fitri (Zakat Fitrah) sesuai dengan ketentuannya untuk diberikan kepada mereka yang kurang mampu dan berhak menerima zakat.

Kelima, Puasa, menahan lapar dan haus selama Bulan Ramadhan beserta segala hawa nafsu yang menyertainya.

Haji : Pergi ke rumah Allah bagi yang mampu baik secara materi maupun secara fisik dan juga dalam keadaan yang memungkinkan.

"Nah, bila dilihat, semua rukun Islam itu tampak sederhana. Namun, dalam pelaksanaannya, kita sering mendapatkan cobaan dan godaan yang menghalangi kita dari mengerjakan salah satu atau beberapa rukun Islam itu sendiri," bebernya.

Namun, apa pentingnya Rukun Islam, kata dia, ternyata, hal yang tampak sederhana di atas bisa menjadi kunci kesuksesan kita di dunia dan akhirat. Bagaimana? Ini penjelasannya.

Menjalankan kehidupan sebagai seorang muslim harus dilakukan secara kaffah atau secara utuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa rukun Islam sangat penting. Bila kita menjalani semua rukun islam, maka kita akan termasuk ke dalam golongan orang yang utuh dalam hidup. (BACA JUGA: Alhamdulillah, Bantuan Pesantren-Madrasah Tahap II Rp1 Triliun Cair Pekan Depan)

Apa yang dimaksud utuh dalam hidup? Keutuhan dalam hidup bisa didapatkan dengan menjalin hubungan yang baik dengan Allah SWT (Hablumminallah) dan juga kepada sesama manusia (hablumminannaas). Tujuan dari Rukun Islam adalah agar manusia mampu menjalani keduanya secara seimbang.

"Saat ini, banyak kita lihat orang yang tampak tidak sesuai antara ibadahnya dan perbuatannya kepada sesama manusia. Inilah akibat dari kelalaian dalam mengerjakan rukun Islam secara utuh," pungkasnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)