Tersedak Ikan, Paus Pilot Sepanjang 4,3 Meter Tewas

Minggu, 04 Oktober 2020 - 00:10 WIB
loading...
Tersedak Ikan, Paus Pilot Sepanjang 4,3 Meter Tewas
BKSDA Maumere, menguburkan bangkai ikan paus jenis pilot di Urung Pigang. Foto/iNews TV/Joni Nura
A A A
SIKKA - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maumere, akhirnya menguburkan bangkai ikan paus jenis pilot di Urung Pigang, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, NTT.

(Baca juga: Niat Sebar Hoaks Uji Vaksin COVID-19, Akhirnya 'Gatot' )

Penguburan paus dilakukan di lokasi garian c milik salah satu perusahan di Sikka. Proses pengalihan lubang dilakukan dengang alat berat milik perusahaan yang beroperasi di lokasi galian c tersebut.

Lubang tempat penguburan bangkai paus sedalam tiga meter, digali dengan eskavator. Bangkai paus ini dievakuasi dari halaman Kantor BKSDA Maumere di Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok.

Tersedak Ikan, Paus Pilot Sepanjang 4,3 Meter Tewas


Sebelumnya, Jumat (2/10/2020) malam, paus dengan panjang 4,30 meter itu dievakuasi dari Kampung Wuring Leko, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat. Evakuasi bangkai paus dengan berat sekitar 2 ton ini dilakukan dengan mobil crane milik seorang pengusaha di Maumere, Alexander Gin.

(Baca juga: Bawa Bahan Kimia, Mobil Tangki Terbakar di Tol Cipularang )

Sebelum dikuburkan, dokter hewan, Maria Siko dibantu petugas kesehatan hewan terlebih dahulu membedah tubuh paus . Mereka ingin memastikan penyebab matinya paus pilot sirip pendek tersebut.

Maria Siko mengatakan, paus tersebut mati karena ada seekor ikan besar yang tersangkut di mulut paus , hingga membuat paus tersebut kehabisan oksigen. Lambung paus tersebut juga terluka akibat terkena sirip ikan yang berada di dalam usus paus tersebut.

Tersedak Ikan, Paus Pilot Sepanjang 4,3 Meter Tewas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)