Positif Corona Bertambah 6 Orang, Raja Ampat Waspadai Ledakan Pasien

Selasa, 05 Mei 2020 - 14:07 WIB
loading...
Positif Corona Bertambah 6 Orang, Raja Ampat Waspadai Ledakan Pasien
Ilustrasi/Okezone
A A A
WAISAI - Penyebaran wabah virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Raja Ampat terus bertambah. Pasien positif COVID-19 kembali bertambah 6 orang, sehingga total menjadi 10 orang. Enam orang tersebut dinyatakan positif berdasarkan sampel yang diterima dari laboratorium Makassar, yang sebelumnya dikirim oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Raja Ampat.

Melihat penyebaran wabah virus Corona yang cukup signifikan, sejumlah tenaga medis di RSUD Kabupaten Raja Ampat merasa khawatir terjadinya ledakan pasien. Selain itu, telah terjadi transmisi lokal di kabupaten Bahari tersebut.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Raja Ampat, dr Rosenda, untuk antisipasi outbreak atau ledakan pasien Corona, RSUD Waisai dari sisi tenaga medis, alkes, dan faskes telah di koordinasikan dengan instansi terkait, termasuk pemerintah daerah (pemda).

"Intinya, kami siap melakukan penanganan medis untuk terkait dengan antisipasi outbreak pasien Corona. Kami terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, tentunya dengan pemerintah daerah setempat," ungkap dr Rosenda kepada MNC Media, Selasa (5/5/2020).

dr Rosenda berharap, masyarakat untuk tetap patuh pada anjuran pemerintah terkait dengan sosial distancing dan psikal distancing.

Sebelumnya sejumlah tenaga medis di RSUD Waisai, kabupaten Raja Ampat khawatir dengan lonjakan pasien Covid-19 di daerah itu, kekhawatiran ini menyusul kondisi Faskes, tenaga medis dan alkes yang dirasakan masih kurang.

"Kami tetap bekerja sesuai protokol, namun melihat kondisi yang ada (faskes, alkes dan tenaga medis) di sini (RSUD Waisai) rasanya hal ini perlu ada perhatian khusus, apalagi pengujian hasil tes COVID-19 masih terlihat berjalan lambat. Sebab harus dikirim ke luar daerah, selain itu telah terjadi transmisi lokal," ujar salah seorang tenaga medis yang enggan namanya diberitakan.

Berdasarkan data terbaru per 5 Mei 2020, sebanyak 6 orang dilaporkan positif Corona diketahui dari hasil pemeriksaan laboratorium yang dikirim ke Makassar sebanyak 16 sampel, 6 sampel dinyatakan positif tertular COVID-19, dan 10 sampel dinyatakan negatif. Enam orang yang dinyatakan positif tersebut, sebelumnya masuk dalam ODP dan OTG yang berasal dari wilayah Puskesmas Waisilip dan wilayah Puskesmas Waisai.

dr Rosenda menambahkan, dari enam orang tersebut dua orang di antaranya adalah anak-anak. Dari data yang didapatkan, dua orang berjenis kelamin perempuan dan empat orang lainnya laki-laki.

"Jenis kelamin perempuan usia satu tahun, laki-laki usia 15 tahun, perempuan 6 tahun, laki-laki 48 tahun, laki-laki 52 tahun dan laki-laki 21 tahun. Jadi, ada dua jenis kelamin perempuan dan empat orang laki-laki" ungkap dr Rosenda merincikan.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)