8 Pasien Positif COVID-19 Kobar Masuk Klaster Itijma Ulama di Gowa

Rabu, 15 April 2020 - 11:44 WIB
loading...
8 Pasien Positif COVID-19 Kobar Masuk Klaster Itijma Ulama di Gowa
Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mengungkapkan ada 4 lagi warga yang positif terinfeksi virus corona (COVID-19). Foto/iNews TV/Sigit Dzakwan
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mengungkapkan ada 4 lagi warga yang positif terinfeksi virus corona (COVID-19). Mereka sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi di RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

“Data per hari ini ada penambahan empat warga yang positif COVID-19. Ini berdasarkan hasil laboratorium Litbangkes Surabaya. Jadi per hari ini total ada 8 orang,” ujar Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kotawaringin Barat, Ahmad Rois, Rabu (15/4/2020). (Baca juga: Pandemi COVID-19, PM dan Seluruh Menteri New Zealand Potong Gaji 6 Bulan)

Empat orang yang positif ini punya riwayat perjalanan yang sama dengan 4 warga yang positif sebelumnya. Mereka diketahui menghadiri Itijma Ulama Dunia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Maret 2020 lalu. Kedelapan warga yang positif COVID-19 itu tersebar di sejumlah wilayah di antaranya, Kampung Baru Pangkalan Bun, Desa Lada Mandala Jaya, Desa Purbasari Sari dan Desa Pandu Sanjaya, Pangkalan Banteng. “Untuk ODP ada 75 orang yang tersebar di 26 desa pada 6 kecamatan. Sedangkan PDP 4 orang yang masih di rawat di RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr Fachruddin menambahkan, 4 warga yang positif COVID-19 terkonfirmasi berkaitan dengan 4 warga yang positif sebelumnya, yakni sama sama menghadiri Itijma Ulama Dunia di Kabupaten Gowa, Sulsel pada Maret lalu. “Empat yang baru ini sama klasternya dengan yang 4 positif sebelumnya,” terangnya.

Saat ini pihaknya juga sudah mengirimkan sampel swab terhadap 22 orang tanpa gejala (OTG) tapi berhubungan dengan orang yang positif COVID-19. "Sampel swab 4 PDP juga sudah kami kirim bersamaan dengan yang OTG. Untuk saat ini yang 4 orang PDP dalam kondisi baik. Kemudian yang 8 orang positif juga dalam kondisi vital baik serta pernapasan masih spontan,” katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)