Roadshow Religi ke Jabar, Gus Jazil: Kita Butuh Energi dan Spirit Perjuangan Ulama

Kamis, 17 September 2020 - 16:53 WIB
loading...
Roadshow Religi ke Jabar, Gus Jazil: Kita Butuh Energi dan Spirit Perjuangan Ulama
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat ziarah ke makam ulama KH Ilyas Ruhiyat di Ponpes Cipasung, Tasikmalaya pada Kamis (17/9/2020). Foto/SINDOnews/Abdul Rochim
A A A
TASIKMALAYA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid melakukan roadshow religi ke sejumlah makam para wali dan tokoh agama di Jawa Barat . Sejak Selasa (15/9/2020) hingga Jumat (18/9/2020) besok, politikus yang akrab disapa Gus Jazil ini mengunjungi beberapa makam keramat.

Di antaranya Petilasan Prabu Siliwangi di Cibulan, Kuningan; Makam Keramat Pangeran Arya Kemuning di Kuningan; Makam Syech Panjalu di atas Situ Lengkong di Desa Panjalu, Ciamis; Makam KH Ahmad Sobrowi atau Syech Sobrowi di Banjar; Makam Syech Muhyi Pamijahan, Tasikmalaya; dan Makam KH Ilyas Ruhiyat yang pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU di Ponpes Cipasung, Tasikmalaya pada Kamis (17/9/2020).

Sebelumnya, dalam roadshow riligi ke Jabar pada Jumat (4/9/2020) lalu, Koordiantor Nasional Nusantara Mengaji itu juga melakukan napak tilas sekaligus menyusuri jejak penyebaran agama Islam di wilayah utara Jawa Barat dengan berziarah ke makam dua tokoh berpengaruh yakni makam ulama besar Syekh Quro atau Syekh Qurotul Ain atau Syekh Hasanudin atau Syekh Mursahadatillah di Pulo Bata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang, Karawang, Jawa Barat.

Syekh Quro merupakan tokoh awal mula penyebaran Islam di Karawang dengan mendirikan Pondok Pesantren Quro, tempat belajar Alquran pada 1418 M atau 1340 Saka. (BACA JUGA: 5 Kader Maju di Pilkada 2020 Jabar, Waketum PKB Optimistis Menang )

Napak tilas selanjutnya, ziarah ke makam salah satu Wali Songgo, yaitu Sunan Gunung Jati yang terletak di antara Bukit Gunung Sembung dan Bukit Gunung Jati, di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati, Astana, Cirebon, Jawa Barat. (BACA JUGA: Pilkada Pangandaran, Waketum PKB Ingatkan Rakyat Jangan Salah Pilih Pemimpin )

Gus Jazil mengatakan, napak tilas ke sejumlah tokoh penyebar Islam di Jabar ini sengaja dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan energi dan sepirit dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Ketua MPR.

"Negera ini lahir berkat perjuangan para pahlawan dan ulama. Jadi ini tanda syukur saya sekaligus untuk mendapatkan energi dalam rangka menjalankan tugas dan amanat yang saya emban," kata Gus Jazil. (BISA DIKLIK: PBNU Minta KPU Patuhi Putusan MK Larang Pecandu Narkoba Maju di Pilkada )

Dalam setiap kunjungan ke makam-makam para tokoh pejuang dan penyebar Islam di Jabar, Wakil Ketua Umum DPP PKB ini juga berdoa atas kondisi yang dialami bangsa Indonesia dan dunia, yakni pandemi Covid-19.

"Kita butuh kekuatan mental agar masyarakat semua bisa tenang, kembalikan semua kepada Allah, dan tetap menjaga semangat kebersamaan seperti yang diajarkan para kiai, para ulama," ujar Gus Jazil.

Di sisi lain, sebagai Waketum sekaligus Koordinator Bidang Pemenangan Pilkada DPP PKB, dia berharap pelaksanaan pilkada bisa berjalan lancar dan PKB bisa sukses memenangkan setiap pilkada yang diikuti, khususnya di lima kabupaten/kota di Jabar dimana PKB mengusung kadernya sebagai calon. Yakni, Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

"Di Jawa Barat ini kebetulan di daerah-daerah tempat pilkada yang ada kader PKB maju, banyak makam tokoh-tokoh Islam. Selalu saya ingatkan kepada para calon bahwa menjadi bupati atau wakil bupati dari PKB, semangatnya adalah meneruskan perjuangan para ulama," tutur dia.

Karena itu, ungkap Gus Jazil, kepala daerah yang diusung PKB, jika nanti pada Pilkada Serentak, 9 Desember 2020 mendatang terpilih, mereka memiliki kewajiban membangun, menyebarkan kebaikan, dan memberikan manfaat bagi sesama.

"Jadi semua kader PKB, jangan berfikir menjadi bupati itu untuk kepentingan dirinya, tapi seperti para ulama, para kiai, itu untuk kepentingan orang banyak," tandas Gus Jazil.
(awd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1718 seconds (10.101#12.26)