KPU Surabaya: Machfud Arifin Akan Jalani Tes Swab 17 September

Selasa, 15 September 2020 - 21:19 WIB
loading...
KPU Surabaya: Machfud Arifin Akan Jalani Tes Swab 17 September
KPU Kota Surabaya, akan melanjutkan pemeriksan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Machfud Arifin-Mujiaman. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menyatakan, pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Machfud Arifin-Mujiaman akan dilanjutkan pada Jumat (18/9/2020) dan Sabtu (19/9/2020). Namun, dengan catatan pada tes swab pada Kamis (17/9/2020), Machfud Arifin dinyatakan negatif dari COVID-19 .

(Baca juga: Usai Berhubungan Badan, Pemuda Ini Tinggalkan PSK Mati di Hotel )

"Untuk jadwal pemeriksaan bapaslon Pak Machfud dan Pak Mujiaman dijadwalkan tes swab pada 17 September. Ketika nanti hasilnya negatif ( COVID-19 ) maka bisa langsung masuk pada pemeriksaan kesehatan pada 18 dan 19 September," ujar Anggota KPU Surabaya Soeprayitno, Selasa (15/9/2020).

Nano, sapaan akrab Soeprayitno, mengatakan, jika pada 17 September itu hasil tes swabnya masih belum sesuai dengan harapan bapaslon, maka isolasi mandiri ditambah tiga hari. "Sehingga pada 21 dan 22 baru dilakukan tes kesehatan," ujarnya.

Seperti diketahui, pemeriksaan kesehatan Machfud Arifin dan Mujiaman yang sedianya dilakukan pada 8-9 September lalu, akhirnya ditunda karena Machfud dinyatakan positif COVID-19 .

(Baca juga: Pria Kelainan Seks, Cabuli Anak Lali-laki Hingga Pendarahan )

Nano menjelaskan, untuk Surabaya, tahapan tes kesehatan sebenarnya sudah lewat, karena ada satu calon yang positif COVID-19 . Namun, KPU Surabaya membuat tahapan baru dan itu diperbolehkan oleh KPU pusat.

"Memang diperbolehkan, jika salah satu bapaslon positif virus corona, maka pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani itu ditunda hingga bapaslon tersebut dinyatakan negatif. Intinya seperti itu," ujarnya.

(Baca juga: Alami Gangguan Jiwa, Pria Ini Bakar GOR Sabuari Bandar Lampung )

Terkait proses terhadap bapaslon Eri Cahyadi dan Armuji, Nano menyampaikan, saat ini KPU masih melanjutkan verifikasi syarat calon dari keduanya. Pada 14 September lalu, KPU menyampaikan hasil verifikasi administrasi syarat calon untuk bapaslon yang diusung PDIP tersebut. "Untuk jadwal penetapan paslon direncanakan pada 23 September. Kemudian pengundian nomor urut dijadwalkan pada 24 September," pungkas Nano.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)