Cegah Kluster Lapas, 936 Napi Narkotika di Babel Jalani Tes Swab

Selasa, 15 September 2020 - 11:40 WIB
loading...
Cegah Kluster Lapas, 936 Napi Narkotika di Babel Jalani Tes Swab
Salah seorang warga binaan Lapas menjalani tes swab untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.Foto/Inews/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Narkotika kelas II Pangkalpinang, menjalani rapid test dan swab di Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (15/9/2020).

Dir Narkoba Polda Babel, Kombes Pol Yanuari Insan, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan guna deteksi dini virus Corona (COVID-19), untuk mencegah kluster baru penyerahan wabah COVID-19.

"Ini merupakan program dari provinsi Babel yang dilakukan usai Gubernur dan Kapolda melakukan sidak ke Lapas Narkotika Pangkalpinang beberapa hari lalu. Tujuannya mencegah penularan COVID-19," kata Dir Narkoba.

Ia menjelaskan, sebanyak 936 napi akan dilakukan rapid tes ataupun swab sesuai dengan assessment tenaga medik. Mereka dibawa menggunakan lima mobil tahanan Polda Babel menuju lokasi pengambilan swab.

"Ini sudah hari ketiga kita lakukan, dua hari kemarin kita lakukan dua trip dimana didalam satu trip terdapat 50 orang napi, tapi hari ini hingga selesai kita lakukan tiga trip," jelasnya.

(Baca juga: Terdampak COVID-19, 40 Karyawan RS Bhakti Wara di PHK )

Rapid dan swab sengaja dilakukan di Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Babel, guna memudahkan petugas dan mempercepat hasil pemeriksaan.

"Biar hasil labnya keluar cepat, jadi alatnya ada disini dan kami menggangkut tahanan kesini tentunya dengan pengawalan ketat anggota Brimob, dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) satu banding dua (satu tahanan dua petugas)," kata Yanuari.

Untuk sementara hasil swab masih belum diketahui, namun bagi mereka yang terindikasi positif Covid-19, maka akan dilakukan karantina ditempatkan yang memang sudah disiapkan.

"Jika reaktif ataupun positif terpapar Covid-19, pihak kemenkumham telah menyiapkan tempat karantina di Lapas Anak dan Perempuan di Jalan A.Yani Pangkalpinang," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)